fbpx

Apa Penyebab Jerawat di Dahi dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Selain di pipi dan dagu, jerawat juga bisa muncul di dahi. Ada banyak penyebab jerawat di dahi yang perlu kita hindari untuk mencegah kemunculannya. Namun, jika memang sudah muncul, maka kita perlu cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat di Dahi

Jika belum tampak jerawat di dahimu, maka hindarilah deretan penyebab jerawat di dahi berikut ini:

1. Kebiasaan Menyentuh Dahi

Kebiasaan menyentuh dahi dengan tangan yang kotor dapat memicu pertumbuhan jerawat di dahi. Pasalnya, tangan yang kotor menjadi tempat bersarangnya para kuman, sehingga dapat menimbulkan infeksi kulit dan menumbuhkan jerawat. Karena itu, sebelum menyentuh bagian wajah mana pun, pastikan tanganmu bersih dari segala jenis kotoran, yah.

2. Produk Kecantikan

Penggunaan produk kecantikan dengan minyak atau bahan kimia berbahaya juga bisa menyumbat pori-pori yang memicu pertumbuhan jerawat. Maka dari itu, gunakanlah produk kecantikan yang non-comedogenic atau setidaknya tidak mengandung berbagai bahan berbahaya, seperti alkohol tingkat tinggi, paraben, dan zat pewangi.

3. Penggunaan Minyak Rambut

Ternyata penggunaan minyak rambut, seperti gel dan pomade, juga bisa memicu pertumbuhan jerawat di bagian dahi, lho. Pasalnya, mayoritas minyak rambut mengandung minyak kelapa yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala dan dahi manusia.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi

Adapun berbagai cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan jerawat di dahi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan konsumsi vitamin C yang berperan untuk meningkatkan antioksidan, sehingga bisa menangkal berbagai radikal bebas yang ingin memasuki tubuh.
  2. Menggunakan obat oles yang mengandung retinoid topikal, benzoil peroksida, dan asam salisilat. Namun, khusus pemilik kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter, yah. Pasalnya, obat oles jerawat tertentu dapat menimbulkan iritasi kulit.
  3. Merawat kulit dengan produk skincare yang sesuai tipe kulit. Jika kulitmu kering, maka gunakan produk yang mengandung bahan pelembab, seperti ceramide dan glycerin. Namun, jika kulitmu berminyak, gunakanlah produk yang dapat menjaga kelembaban sekaligus mengendalikan produksi minyak berlebih, seperti hyaluronic acid.
  4. Hindari memegang, apalagi memencet jerawat di dahi, karena akan memperlambat proses penyembuhan jerawat, bahkan menimbulkan bekas jerawat dan peradangan yang lebih mengganggu.

Yuk, hindari berbagai penyebab jerawat di dahi dan atasi jerawat yang sudah ada dengan cara yang tepat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lila Adijaya
A skin care enthusiast
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram