fbpx

Dari Trending Farel dan Gus Miftah, Saya Jadi Tahu Manfaat Bertanya Hal Pribadi Ke Orang Lain

8 October, 2022

Cara Bertanya Hal Pribadi Serta Batasannya

Nah sebenarnya nih saya udah pernah bahas hal ini di 2 postingan saya sebelumnya, tapi memang temanya tentang bagaimana kita menyikapi pertanyaan yang bikin baper, khususnya ketika lebaran tiba.
Dan juga pernah bahas kisi-kisi ide menjawab pertanyaan yang bikin baper tersebut.
Tanya Hal Pribadi itu Sebenarnya Ada Manfaatnya, Asal Tahu Cara dan Batasannya
Sekarang, saya jadi pengen berbagi opini sih ya, tentang gimana sih cara bertanya hal-hal pribadi kepada orang lain, agar maksud kita untuk sekadar tahu kondisi orang tersebut, dan bisa mengatur pembicaraan yang lebih asyik, tanpa menyinggung perasaannya.

1. Bertanya untuk sekadar tahu statusnya, tanpa maksud apapun

Kalau menurut saya, pertanyaan kayak gini bentuknya sangat jauh dari pertanyaan 'kapan', tapi lebih banyak menggunakan, kata 'Sudah, Apa? dan Berapa?'.
"Sudah nikah belum?"
"Sudah punya anak?"
"Berapa anaknya?"
"Agamanya apa?"
Ini kan standar banget ya.
Bedakan dengan pertanyaan,
"Kapan nikah?"
"Kapan tambah anak?"
dan semacamnya.
Sebenarnya 'kapan' juga pantas ya digunakan, tapi untuk bertanya waktu yang pasti, dan lebih general.
Misal,
"Kapan nih main ke rumah saya lagi?"
"Kapan nih bisa ke mall bareng?"
Dan semacamnya.
Bukankah semua pertanyaan tersebut sama sekali nggak terdengar annoying ya?
Hanya sekadar tahu aja, terdengar basa basi biasa aja.
Bukan bertanya untuk mau kepoin.
Oh ya, tentu saja disesuaikan dengan kondisi ya, jangan sekali bertanya, semuanya ditanyain, udah berasa mau interview kerja aja, semua ditanyakan dalam satu waktu hahaha.
Selengkapnya baca di sini ya 🙂
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
@reyneraea
Seorang ibu dengan 2 putra yang suka berbagi pengalaman diri lewat tulisan
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram