Homeschool Journal : Ekskul Pengusaha Cilik

Bismillahirahmaanirahiim,,

Masih tentang review hasil ekskul bersama Mungilmu untuk dokumentasinya akak. Salah satu ekskul yang akak ikuti kemarin adalah Pengusaha Cilik. Di kelas Pengusaha Cilik ini adalah kali pertamanya akak ikut belajar bagaimana cara berjualan atau menjadi wirausahawati. Tutornya Kak Wiwid, nah kak Wiwid mengajarkan teman-teman kecil bagaimana cara membangun usaha, di antaranya adalah belajar membuat logo, belajar menghitung modal sampai menentukan harga.

 

Setelah pertemuan pertama, anak-anak diberi tugas membuat gambaran tentang usaha apa yang mereka buat. Mulai dari menentukan nama dan jenis usahanya, lalu membuat logonya dengan menggunakan aplikasi Canva, kemudian anak juga diminta untuk mencatat bahan-bahan beserta harganya yang akan dihitung sebagai modal dan menentukan harga jual produk mereka sendiri. Ah iya dan mereka juga diminta menyebutkan calon konsumen mereka siapa serta pemasarannya lewat mana.

Akak Kay, memutuskan menggunakan nama Kay's sweet and savory karena berrencana akan membuat usaha cemilan buatannya (yang tentu saja dibantu ibuk sebagai supervisor yang menyiapkan bahannya dulu). Well sebelum akhirnya mengerjakan praktek pembuatan makanannya, tiap hari aja loh aku ditanyain "kapan kita ngerjain tugas? kapan kita ngerjain tugas? kapan ngerjain tugas?" asal adek mulai tidur, asal adek nenen, asal kelihatan aku berada agak jauh sedikit dari adik-adiknya hihi. (Di sini aku merasa kalau akak merasa kalau waktuku buat dia berkurang sangat banyak) Huhuhu sedihnya kalau ingat ini pas malam-malam begini. Adakah yang merasakan sama denganku?

 

sedang pasang logonya dulu

Alhamdulillah akhirnya dapat waktu buat bantuin akak ngerjain tugasnya. Yang pertama akak buat adalah donat, bergedebukan ria bertiga karena adek Khal pengen ikut juga bikin donat. Akak bagian nimbang, aduk-aduk adonan, kemudian finishing ngulen aku yang kerjakan. Setelah proofing aku bantu cetak dan gorengnya. Habis itu akak bagian packing dan antar ke pembeli. Alhamdulillah hari pertama akak berhasil menjual 4 kotak donat, hari kedua menjual 6 kotak donat. Alhamdulillah ala kulli haal.

donat coklat dagangan akak

Produk jualan akak yang kedua adalah Klepon uhuuuuw,,karena membuatya gampang dan lumayan cepat, jadi kami coba buat 5 pak klepon, 1 paknya berisi 6 butir klepon. Qodarullah, klepon akak mendapatkan sambutan meriah dari tetangga, sampai beberapa hari lalu akak berhasil memasarkan 70an kotak klepon. Masyaa Allah Tabarakallah akak Kay, semoga nanti-nanti selalu diberi kemudahan dalam mengembangkan usahanya ya.

Dari pengalaman berjualan ini, akak mendapatkan banyak hikmah yang bisa dijadikan pelajaran untuknya. Di antaranya akak bisa belajar mengenai proses produksi makanan, dari membeli bahan baku, membeli kemasan, proses memasak makanan tersebut, sampai akhirnya kleponnya duduk manis di kotak, kemudian dengan semangat, masih hangat-hangat langsung dianter ke pembeli. Alhamdulillah nak, banyak sekali hikmah yang bisa diambil, termasuk juga belajar manajemen waktu supaya optimal hasilnya bagaimana.

klepon dagangan akak

Seru banget kak, sekarang jadinya suka nanya "bun hari ini kita jualan ga?" hihi libur dulu ya kak, insyaa Allah seminggu disetting 2 atau 3 kali aja jualannya, biar bisa eksplorasi yang lain-lain. Bismillah semoga Allah mudahkan kita nak, semoga selalu dimudahkan,,Aamiin.

Dan semoga ada sepetik dua petik hikmah yang bisa teman-teman pembaca dapatkan ya dari dokumentasinya akak Kay. Selamat liburan akhir tahun yaaa,,sehat-sehat selalu sama keluarga dan kerabat di manapun berada. Terima kasih sudah mampir baca-baca di sini 🙂

Wassalamualaikum,

Ibunya KhairAzKhaL

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Apa Itu Teknik Kimia?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Dian Handayani
ibu dan istri yang menjalani homeschooling untuk tiga orang anak perempuan, masih belajar ina ini inu yang berharap skill menulisnya semakin baik dan bermanfaat dari hari ke hari
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram