fbpx

Mengenal Gutasi dan Hidatoda

11 July, 2022

Halo... Hari ini saya mau membahas sesuatu yang biologi banget nih. Hari ini saya mau ngejelasin fenomena yang mungkin sebagian dari kita sering menemuinya setiap pagi hari pada tumbuhan maupun tanaman, yaitu fenomena gutasi. Selain kenalan sama fenomena gutasi, saya juga mau ajak kalian untuk mengenal si pelaku dari fenomena gutasi ini, yaitu hidatoda.

Gutasi sering disalahpahami sebagai embun, padahal embun dan gutasi adalah dua hal yang berbeda. Embun itu hasil dari proses kondensasi yang terjadi di udara, sedangkan gutasi adalah hasil dari proses keluarnya air dari dalam tubuh tumbuhan akibat adanya tekanan akar. Gutasi itu dapat terjadi karena adanya kelebihan air pada daerah perakaran. Karena saat malam proses fotosintesis terhenti (nggak ada cahaya), akhirnya proses transpirasi juga terhenti, stomata nutup. Kalo udah gitu, gimana caranya tumbuhan mengatasi kelebihan air yang ada di daerah akar? Kalo dibiarin kan bisa-bisa akarnya malah busuk. Nah, jadinya tumbuhan bikin kelebihan air yang ada di daerah akar itu buat naik ke atas (dengan tekanan akar) dan dikeluarkan lewat jaringan yang namanya Hidatoda.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Alif Meylinda
Saya seorang mahasiswa yang hobi menulis, membaca buku, melukis, dan menggambar. Saya memiliki blog yang memuat banyak hal, sehingga bisa digolongkan dalam lifestyle/personal blog.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram