fbpx

Kemeja Batik Lengan Panjang dari Sinjng Kebat

4 April, 2021

Kemeja batik lengan panjang merupakan kemeja yang dikenakan oleh pria dari kain yang bermotif batik. Kain batik yang bisa dipakai jadi kemeja pria yaitu kain batik yang biasa disediakan di toko-toko kain. Selain itu, bisa juga kain batik yang biasa digunakan oleh ibu-ibu orang Sunda atau Jawa untuk dipakai sehari-hari atau untuk menggendong bayi/balita, dalam proses khitanan, pernikahan, hingga penutup jenazah orang yang meninggal. Kain batik itu kalau di Sunda disebut 'sinjang/samping kebat'.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Sinjang artinya kain panjang. Sinjang kebat merupakan kain panjang yang dijahit kecil pada bagian tepi lebar pangkal dan lebar ujungnya, tidak berbentuk sarung.

Ukuran Sinjang Kebat pada umumnya panjang 255cm dan lebar 116cm. Ukuran tersebut bisa atau cukup untuk digunakan membuat baju atasan, baik untuk kemeja pria atau tunik untuk wanita.

Nah sekarang, saya memilih sinjang kebat yang motifnya cocok untuk kemeja batik pria lengan panjang.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
d fatinahijab
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram