Kini sepeda nonlipat bisa naik Ratangga!

March 27, 2021
Assalamu\'alaikum teman-teman,
 
Pagi ini saya baca berita di media, alhamdulillah ada sesuatu yang menggembirakan nih.
Kini sepeda nonlipat bisa naik Ratangga!

 
Sebagai pengguna Ratangga alias MRT Jakarta dan walaupun saya nggak punya sepeda, saya merasa sangat gembira atas berita ini.
kenapa?
 
Dulu, tahun 2017 saya backpacking ke Korea Selatan tepatnya di Kota Seoul dan sekitarnya.
Saya kemana-mana naik Seoul Metropolitan Subway atau MRT nya Seoul gitu.
Nah, sepanjang saya naik metro, beberapa kali saya melihat orang-orang bawa sepeda. Ada sepeda lipat dan nonlipat. Bahkan di beberapa stasiun metro di sana belum ada fasilitas jalur sepeda di tangga (untuk menaik turunkan sepeda melalui tangga). Jadi saya melihat orang gotong-gotong sepeda naik tangga gitu. Beberapa juga saya lihat mereka naik turun stasiun bersama sepeda nonlipatnya naik lift. 
 
Oh ya, kalau di negerinya om Hyun Bin ini, orang-orang yang naik lift di stasiun metro adalah lansia yang sudah tuyuk-tuyuk dan yang berkebutuhan khusus seperti pengguna kursi roda ya. Hampir tidak ada orang sehat wal afiat apalagi muda kinyis-kinyis yang naik lift karena manja atau alasan \"biar nggak capek\" seperti di Jakarta.
Lansia yang masih seger buger aja pada naik turun lewat tangga dan eskalator, juga orang yang bawa-bawa barang seperti koper atau belanjaan besar. Jadi yang namanya lift itu jarang banget ada isinya selain mbah-mbah, pemakai kursi roda, dan orang bawa sepeda yang nggak kuat gotong sepeda nonlipatnya di stasiun yang belum tersedia jalur sepeda di tangga. 
Memang nggak banyak sih yang bawa sepeda naiki metro, kecuali untuk tujuan tertentu seperti ke taman kota atau pinggiran kali yang biasanya memang buat tujuan sepedaan.
Karena memang untuk membawa sepeda non lipat dibatasi hanya di luar jam sibuk dan di hari Ahad atau hari libur saja.
 
Di beberapa stasiun metro sudah tersedia fasilitas jalur sepeda di tangga (mungkin sekarang sudah semua stasiun ada fasilitas ini?). Jadi nggak perlu gotong-gotong sepeda dan berebut lift sama simbah-simbah. Cukup ngegelindingin sepeda aja bareng sama orangnya naik tangga. 
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dita
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram