fbpx

Lima kegiatan bermanfaat saat puasa

11 April, 2022

Lima kegiatan bermanfaat saat puasa

Kegiatan adalah salah satu ativitas yang tidak bias ditinggalkan setiap hari, dengan banyaknya kegiatan akan semakin sibuk baik di luar rumah atau bekerja di luar rumah. Bagaimana  kalau membahas kegiatan yang bermanfaat saat bulan puasa, lima tapi bermanfaat apaan tuh.

Pertama  tadarus Al-quran, aktivitas ini tidak boleh ditinggalkan, baik membaca di rumah atau di mushola sekitar, mengapa pilih tadarus Al-Quran karena selain bermanfaat juga mendapat pahala yang banyak, satu huruf dapat 10 pahala itu satu huruf bukan satu ayat, nah kalau membaca berlembar-lembar sudah dapat berapa. Tapi tidak usah di hitung ya, biar urusan allah swt sama malaikat pencatat kebaikan. Tahu kan kalau kita berbuat baik maka Allah akan melipat gandakan pahala, tapi kalau dosa ya tidak berlipat kecuali mengajak pada kejahatan bisa jadi dosanya malah mengalir.

Kedua yaitu belajar atau membaca, selain meningkatkan otak juga bisa mencerdaskan . apalagi bulan puasa, biasanya banyak waktu luang , nah bisa digunakan untuk membaca. Novel juga boleh, bisa meningkatkan imajinasi kita. Membaca adalah jendela ilmu, walaupun terkadang memang berat untuk membaca apalagi materi, maka bisa dimulai dengan menyukai membaca novel atau komik.

Ketiga menuntut ilmu, karena menuntut berarti aktivitas belajar.  Menuntut ilmu dibulan puasa pahalanya besar, selain belajar juga bisa bertemu dengan teman-teman di sekolah atau kampus.

Keempat yaitu menulis  , mengapa menulis bermanfaat . jelas mendatangkan hal-hal positif bagi diri sendiri maupun orang lain, apalagi tulisanya bermanfaat . bacaanya mengundang kebaikan maka kebaikan pula di tulis untuk kita. Mengenai menulis, tidak semua orang bisa konsisten untuk menulis setiap hari, bisa bosan, tidak mood, tidak suka, banyak alas an mengapa orang tidak minat menulis . padahal menulis selain dapat dijadikan hobi, kita bisa mendatangkangkan uang hasil dari menulis.

Kelima yaitu  membantu memasak dan bersih-bersih, dengan membantu masak kita menyiapkan makanan untuk berbuka orang yang berpuasa. Dengan membantu masak akan menambah pahala bagi, karena di saat itu kita juga sedang puasa,dan yang akan dibuatkan makanan keluarga yang berpuasa , mereka menjalankan ibadah kepada Allah swt.

Dari kelima itu sedikit buat pilihan, tetap pilihan pada diri sendiri…

Semangat puasa sobat BPers

#BPN30DayRamadhanBlogChallenge

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diyah Rahmawati
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram