Makanan Kaya Zat Besi untuk Balita

April 22, 2021

Saat si kecil mulai mengonsumsi makanan padat, zat besi sangat penting untuk membantu otaknya tumbuh. Berikut makanan kaya zat besi terbaik untuk bayi yang bahagia dan sehat!
Bayi biasanya dilahirkan dengan simpanan zat besi yang cukup untuk membantu mereka menjalani beberapa bulan pertama kehidupan — plus mereka mendapatkan zat besi dari ASI atau susu formula. Namun, karena mereka mulai lebih mengandalkan makanan padat, anak akan mudah mengalami kekurangan zat besi. Tetapi bayi yang sedang tumbuh membutuhkan zat besi!

Zat inilah yang membantu tubuh anak memproduksi hemoglobin, yang mengirimkan oksigen ke sel-sel di seluruh organ dan otot penting. Itu juga yang membantu otak mereka berkembang secara normal.
Apakah Anda khawatir kadar zat besi bayi Anda rendah? Saya pernah merasakan betapa lemahnya ketika balita kurang zat besi. Ya, he's my son. But, not anymore for now and next. Penasaran bagaimana cara meningkatkan zat besi melalui makanan? Berikut ini pembahasan tentang makanan kaya zat besi yang bagus untuk bayi.

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam adalah sumber zat besi yang bagus untuk bayi Anda. Anda bisa menumisnya dengan minyak dan menghaluskannya dengan sayuran atau daging matang lainnya untuk menambah rasa. Anda juga bisa mencampurnya ke dalam smoothie buah. Bonus: Vitamin C dalam buah-buahan seperti jeruk atau stroberi meningkatkan penyerapan zat besi.
Kacang-kacangan
Hampir semua vegetarian dan pemakan daging sangat menyukai kacang-kacangan. Makanan ini tidak hanya serbaguna dan lezat, tetapi juga salah satu sumber zat besi nabati terbaik yang tersedia. Gunakan lentil atau kacang-kacangan yang dimasak dalam berbagai macam bubur untuk memberi bayi tambahan zat besi.
Telur
Secara alami, kuning telur memang tinggi zat besi. Memasak dan menyajikannya untuk anak Anda juga cukup mudah. Sajikan bersama jus jeruk untuk memberi anak Anda tambahan vitamin C serta jenis makanan lain yang disukai anak.
Ubi jalar
Yang bagus dari makanan ubi jalar yakni tidak hanya mengandung zat besi, tetapi juga vitamin C, yang membuat semua zat besi lebih mudah diserap oleh tubuh bayi. Apalagi disajikan dengan bentuk bubur, bayi akan suka karena rasa manis alaminya.

Itulah beberapa makanan kaya zat besi untuk balita.

Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Heti Mualimah
Saya adalah seorang ibu yang mencintai dunia literature
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram