Manfaat Membaca dan Bercerita dengan Balita Tercinta

Bunda, apakah anda suka membacakan cerita untuk si kecil mungil? Tahukah Bunda bahwa manfaat membaca sangat beragam untuk anak? Ketika, kita ingin si anak cepat berbicara, cara ini cukup efektif. Apalagi, didukung dengan puluhan manfaat lain. Sepenting apa sih membaca itu? Inilah penjelasan sederhananya:

Mengapa kegiatan membaca sangat bagus untuk bayi dan toddler?

Berbagi cerita, membaca, berbicara, dan juga bernyanyi setiap hari membantu perkembangan sang anak dalam banyak hal. Ada banyak feedback positif dari kegiatan Membaca dan berbagi cerita, yakni dapat:

  • Membantu anak mengenal kata, suara, bunyi, bahasa, dan juga mengembangkan keterampilan anak terkait literasi dasar
  • Belajar menghargai sejarah
  • Merangsang keingintahuan dan memicu imajinasi sang anak
  • Membantu mengembangkan fungsi otak si kecil, kemampuan untuk konsentrasi, fokus, keterampilan komunikasi, dan keterampilan sosial.
  • Membantu anak memahami bahwa ada yang namanya kisah 'nyata' dan 'khayalan' dan keduanya itu berbeda
  • Membantu si kecil mengerti tentang segala peristiwa baru, seru, sedih, atau menakutkan juga memunculkan emosi kuat yang menyertainya
  • Membantu anak belajar lebih dalam tentang dunia dan budaya, baik budaya sendiri dan budaya di luar sana.

Berbagi kisah dengan si kecil, bukan berarti patokan kita hanyalah sebuah buku. Ok, kita bisa mengandalkan buku, tapi kegiatan kita tak terbatas hanya dengan membaca. Meski cuma membawa dan melihat buku bersama si kecil dan berbicara apapun, kita bisa menjadi pendongeng handal dan actor atau actress terbaik baik dengan menggunakan gaya dab bahasa buku atau gaya dan bahasa kita sendiri. Setidaknya, Anak juga akan belajar saat melihat cara kita memegang buku, melihat bagaimana kita menelusuri buku dan membalik halamannya dengan cara yang lembut. Itu hanyalah sebagian manfaat membaca. Masih banyak manfaat lainnya.

Bagi tiap orang dewasa, kegiatan membaca cerita seperti ini juga bermanfaat. Waktu khusus yabg berkualitas ini, yang mana kita manfaatkan untuk membaca dan bercerita bersama akan meningkatkan ikatan dan membantu membentuk hubungan dengan si kecil semakin sempurna.

Song atau storytelling

Please, jangan berpikir satu-satunya cara untuk membantu perkembangan bahasa dan literasi balita hanyalah membaca. Bercerita, bernyanyi, dan bersajak bersama anak juga merupakan aktivitas yang bagus untuk perkembangan skill literasi dasar. Really, anak pasti akan merasakan keseruannya pada saat yang bersamaan. Bahkan, anak bisa saja lebih menikmati aktivitas ini daripada sekedar membaca biasa.
Kita juga bisa mengupayakannya dengan cara mengarang cerita sendiri atau berbagi cerita keluarga. Anak pasti akan mempelajari kata-kata dan mengembangkan keterampilan bahasa dari cerita, lagu, cerita, atau percakapan yang kita lakukan bersama. Wow, tak serumit yang dibayangkan, kan? So, ayo biasakan kebiasaan bermanfaat ini. Oh ya, ada banyak kisah dan tips bermanfaat mengenai parenting di blog mualimah. Selamat menjalankan ibadah puasa!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Heti Mualimah
Saya adalah seorang ibu yang mencintai dunia literature
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram