fbpx

Mengenang Sejarah Hari Anak Nasional 23 Juli

3 July, 2023

Tanggal 23 Juli menandai sebuah momen yang sangat penting dalam kalender bangsa Indonesia, yakni Hari Anak Nasional. Hari ini adalah kesempatan bagi seluruh negeri untuk memusatkan perhatian dan menunjukkan kepedulian yang mendalam terhadap anak-anak, yang dihargai sebagai generasi penerus bangsa. Selebrasi pada tanggal ini bukanlah suatu kebetulan, melainkan hasil dari sebuah perjalanan sejarah yang panjang, dipenuhi dengan perjuangan dan dedikasi dalam mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan anak-anak di Indonesia.

Apa itu Hari Anak Nasional?

Hari Anak Nasional, yang diperingati setiap 23 Juli, adalah perwujudan dari komitmen bangsa untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Sebagai penerus masa depan bangsa, penting bagi anak-anak untuk tumbuh dalam kondisi sehat, cerdas, dan berakhlak mulia. Hari Anak Nasional juga memberikan momen berharga bagi bangsa untuk berjuang agar hak-hak anak terpenuhi dan dihargai tanpa pengecualian.

Hari Anak Nasional adalah representasi dari kepedulian bangsa terhadap perlindungan dan pengembangan anak-anak Indonesia. Peringatan ini juga menekankan peran penting keluarga sebagai pilar utama dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi anak-anak. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan selama peringatan Hari Anak Nasional, mulai dari seminar, menonton film bersama, kegiatan bakti sosial, perlombaan, dan banyak lagi.

Hari Anak Nasional juga dianggap sebagai momentum untuk meningkatkan upaya bangsa dalam mendukung gerakan Internasional “World Fit for Children”, dengan tujuan mewujudkan “Indonesia Layak Anak”.

Bermula dari gagasan Kowani

Hari Anak Nasional merupakan gagasan utama Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada sidangnya tahun 1951 yang menghasilkan beberapa kesepakatan. Salah satu kesepakatan mereka adalah mengupayakan Hari Kanak-Kanak Nasional.

Upaya tersebut direalisasi dengan adanya Pekan Kanak-Kanak pada tahun 1952 yang disambut langsung oleh Presiden Soekarno. Namun, peringatan HAN ini sempat berubah beberapa kali atas usulan Kowani dan persetujuan pemerintah.

Pada akhirnya, HAN dirayakan setiap 6 Juni agar bertepatan dengan hari lahir Bung Karno. Namun, saat Orde Baru, Presiden Soeharto berusaha menghapus semua kebijakan yang lekat dengan Orde Lama, termasuk HAN yang bertepatan dengan hari lahir Soekarno.

Ditetapkan oleh Soeharto

HAN sempat dirayakan setiap 5 Juni bertepatan dengan hari lahir Bung Karno dan HAN Internasional. Namun, saat Orde Baru, Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Pemilihan tanggal ini diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Peringatan HAN diselenggarakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Presiden Soeharto menggagas Hari Anak Nasional untuk ditetapkan sebagai salah satu hari penting. Soeharto menilai anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa demi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Hari Anak Nasional Era Digital

Rupanya, kepedulian terhadap tumbuh kembang anak sangatlah penting, berawal dari lingkungan keluarga dapat membantu proses pertumbuhan tersebut, karena keluarga sebagai pilar utama dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi anak-anak. Terlebih di era digital masa kini, terdapat berbagai macam inspirasi kegiatan di internet yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah bersama anak-anak, seperti menonton film bersama, kelas main online, akses beragam games, dan lain – lain. Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan jaringan internet keluarga, kini telah hadir ICONNET jaringan internet kabel fiber optik dari PLN Icon Plus. Internet fiber optic tentunya memberikan layanan yang lebih baik ketimbang internet seluler yang berbasis kuota. Selain lebih ekonomis (tidak perlu khawatir kuota habis), internet broadband juga diyakini lebih stabil dan andal jaringannya.

ICONNET menghadirkan paket layanan internet yang tanpa batas dan harga terjangkau mulai dari 100 ribuan. Khusus pada bulan Juli, ICONNET menawarkan promo “ICONNET FUNTASTIC JULY bagi pelanggan baru. Yuk manfaatkan berbagai tawaran ICONNET bulan ini yang tentunya akan memberikan pengalaman berselancar digital yang semakin mudah.

  1. GRATIS biaya instalasi sebesar Rp 250.000,-
  2. Promo ICONNET PAHE (Paket Hemat) bayar 6 bulan GRATIS 1 bulan, bayar 12 GRATIS 3 bulan, dan berlaku kelipatan.

Bagi Anda yang berminat mendaftar layanan ICONNET dapat mengunjungi iconnet.id atau mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk informasi promo, produk layanan, ketersediaan jaringan, dan proses registrasi.

Selain itu, untuk semakin memudahkan layanan pelanggan, ICONNET juga berinovasi dengan meluncurkan aplikasi MyICON+. Dengan adanya platform digital ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan purna jual yang semakin inovatif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai fitur aplikasi MyICON+ akan semakin memudahkan akses layanan ICONNET dalam satu genggaman, antara lain:

  • Informasi layanan ICONNET mulai dari profil pelanggan, jenis paket, dan status layanan
  • Informasi jatuh tempo tagihan
  • Informasi kanal pembayaran
  • Layanan customer care, termasuk pemantauan status laporan
  • Informasi produk dan promo terbaru

Segera unduh aplikasi MyICON+ di Google PlayStore dab AppStore. ICONNET – Semua Makin Mudah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Digintegra
Tidak ada informasi member

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram