fbpx

Menjadi Sarjana, Ketika Ekspektasi Tak Sejalan dengan Realita

Satu pertanyaan yang sering dilontarkan kepada para mahasiswa yang duduk di semester akhir perkuliahan adalah "kapan lulus?". Pertanyaan itu nggak jarang membuat para mahasiswa merasa tertekan, alhasil mereka mengerahkan usaha besar untuk segera mendapatkan gelar sarjana. Tapi, para mahasiswa ini mungkin nggak tahu, kalau setelah mereka resmi menerima ijazah dan diwisuda, mereka akan mendapat pertanyaan lain yang nggak kalah intimidatif yaitu "kapan dapet kerja?".

Nggak jarang seorang lulusan baru membayangkan kehidupan yang indah setelah lulus: dapat pekerjaan impian, penghasilan tetap, dan bebas mengambil pilihan. Tapi realita yang ada sering kali berbanding terbalik! Mereka harus berjuang mendapatkan pekerjaan, dapat tekanan dari orang-orang terdekat, dan merasa gagal juga tertinggal.

Apa kamu pernah atau sedang mengalaminya? Yuk, baca selengkapnya di blog ini! 🙂

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Laili Muttamimah
Halo, saya Laili, seorang penulis novel di Kompas Gramedia Group dan praktisi komunikasi. Saya memulai blog sejak tahun 2013, dan kini fokus menulis tema seputar traveling, dunia kepenulisan, cerita pendek, serta pengalaman personal. Menulis blog menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan bagi saya. Salam kenal, semoga kita bisa berkolaborasi! :)
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram