fbpx

Menjadikan Anak sebagai Achievement dan Rencana Hari Tua itu, Nggak Salah Kok

12 October, 2022
Itu nggak mudah loh.
Berdamai dari hal-hal yang biasanya membuat kita terlihat hebat, ada achievement yang nyata, ada rencana masa depan, berupa uang yang bisa jadi pegangan kita.
Lalu tiba-tiba menjadi ibu rumah tangga, which is kita semua tahu, manalah IRT ada gajinya.
Iya gitu, kalau ayah anak-anak bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, kalau enggak?
Semakin bertambah deh, tekanannya.

Anak adalah Achievement dan Rencana Hari Tua Terbaik, Bikin Saya Selalu Berusaha Jadi Orang Tua Terbaik

Apa sih achievement dan rencana hari tua itu?

Anak adalah Achievement dan Rencana Hari Tua Terbaik

Achievement adalah pencapaian atau hasil atau prestasi.

Sedangkan rencana hari tua adalah, mungkin menyangkut bagaimana nantinya kalau kita sudah tua, darimana kita mendapatkan biaya hidup, bahkan mungkin kalau berusia panjang banget, siapa yang bakal membantu mengurusin kita?

Anak adalah achievement

Kedua hal ini mungkin berbeda timing-nya ya.
Achievement ini, lebih ke rencana beberapa waktu ke depan, bisa tahun depan, 5 tahun ke depan, pokoknya timing-nya bisa kapan saja, nggak perlu nunggu tua dulu.

Dan inilah salah satu faktor utama, banyaknya ibu, khususnya ibu rumah tangga yang merasa stres bahkan sampai depresi, menjadi ibu rumah tangga.

Karena kebanyakan ibu merasa, udah nggak punya achievement sama sekali yang bisa dibanggakan.

Dan di sinilah maksud saya, mengapa menjadikan anak sebagai achievement adalah penting banget.
Namun yang perlu digaris bawahi untuk selalu dipahami adalah, anak hanya objekyang paling berperan ya kita, sebagai yang pengen mendapatkan achievement kan.
Dengan menjadikan anak sebagai achievement, berbagai hal bisa kita dapatkan sekaligus.
Stres karena merasa hidup monoton, nggak punya achievement yang bisa dibanggakan?
Mengapa nggak coba menjadikan anak sholeh/ah, punya anak disiplin, punya anak mandiri, sopan dan semacamnya adalah sebuah pencapaian terhebat?
Khususnya buat mantan pekerja, kayaknya lebih mudah menerapkan hal ini, dengan cara:
  • Pertama, tentukan goal yang akan dicapai, apakah pengen anak bisa masuk SD dengan siap dan bahagia (bagi yang anaknya masih kecil ya), atau pengen punya anak remaja yang tetap sopan dan tahu batasan, dan semacamnya.
  • Kedua, buat strategi dan rencana, bisa dengan mencari referensi bagaimana menciptakan anak sesuai goal yang ingin kita capai, tentunya dalam hal ini teori-teori parenting mungkin sangat membantu.
  • Ketiga, mulailah menerapkan semua strategi dan rencana yang telah dibuat, dan jangan lupakan outputnya ya, anak harus bahagia juga!
  • Keempat, jika semua kita jalankan dengan disiplin dan konsisten, insha Allah dengan sendirinya anak bisa jadi sebuah achievement terbaik yang jujur ya, buat saya itu adalah sebuah pencapaian tertinggi bagi seorang ibu.
See, menjadikan anak sebuah pencapaian sebenarnya bukanlah hal yang buruk, asalkan kita benar-benar tahu, seperti apa sih achievement itu?
Jadi, tidak melulu ibu yang pengen anaknya jago matematika misalnya, dampaknya buruk ke anak.
Enggak dong, anak hanyalah objek, jadi dia cuman ngikutin dan menyesuaikan karena dia bukan benda, dia adalah manusia, dan sebagai wanita yang hebat (ye kan, kalau mau sebuah pencapaian, kita harus menghebatkan diri dulu), kita tahu dong, gimana mendapatkan hasil yang sempurna.
Jadi, bukan semata anak dipaksa begini begitu, tapi bagaimana kita sebagai ibu yang hebat, yang mampu menjadikan anak tumbuh dengan lebih baik lagi, bukan hanya mentalnya terjaga dan bahagia, tapi juga pencapaian dalam hidup anak pun ikut membaik.
Ibarat sekali mendayung, empat pulau terlewati *halah, hahaha.
Atau dengan kata lain, manfaat menjadikan anak sebagai achievement adalah:
  • Kita jadi punya semangat lebih menjadi ibu yang terbaik.
  • Kita bisa menerapkan parenting terbaik kepada anak, demi tujuan kita kan.
  • Kita bisa menghasilkan anak yang tumbuh lebih baik dan tetap bahagia.
  • Kita bisa tetap punya achievement yang sangat membanggakan.

Selengkapnya bisa dibaca di sini ya 🙂

Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
@reyneraea
Seorang ibu dengan 2 putra yang suka berbagi pengalaman diri lewat tulisan

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram