Reasons Why "Bumi Manusia" is A Brainfood

March 8, 2021

Hello, good morning! kali ini aku mau bahas tentang buku masterpiece roman sastra dari penulis legendaris Pramoedya Anantra Toer! Karya ini udah ada sejak tahun 2005. tapi aku baru baca tahun 2021, bahkan setelah filmnya sudah ditayangkan di bioskop. But, aku nggak mau review bukunya, tapi yah.. ulasan aja dikit, Sebagai catatan pribadi aku juga, mengingat buku ini lumayan  nge-share banyak knowledge kepada para pembacanya. Knowledge dalam artinya wawasan secara intelektual.

Sinopsis

Minke, seorang pribumi yang pintar, berwawasan luas, suka menulis, dan seorang playboy. Meski begitu, pada akhirnya Minke bertemum dengan Annelise, perempuan keturunan Belanda yang cantiknya tidak ada yang menandingi. Mereka jatuh cinta layaknya dua sejoli muda yang mabuk asmara. Perjalanan cinta mereka tidak mudah dan penuh pelik kontroversional para tokoh hebat yang usianya jauh lebih dewasa dan sudah hebat daripada Minke yang masih berusia 17 tahun. Mulai dari dibenci oleh calon kakak iparnya, nyaris dikeluarkan dari sekolah, kekhawatiran akan ancanman pembunuhan, hingga berhadapan dengan pemerintahan Belanda. Minke yang masih terlalu muda namun harus menghadapi konflik berat layaknya seorang dewasa. Belum lagi banyak sekali pergulatan mengenai issue kebangsaan antara eropa dengan pribumi.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pramitha Chandra Kusuma Sari
A student. In love with art and writing. I cherish anyone's greeting :)
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram