fbpx

[Sinopsis & Review Film] Emergency Declaration (2021), Teror Virus Mengerikan di dalam Pesawat

Halo sahabat Blogger Perempuan 🙂

Aku mau mengulas di sini film Korea Selatan yang sempat masuk Festival Film Cannes ke-74 tahun lalu berjudul Emergency Declaration (2021). Film ini berkisah tentang penyebaran virus mematikan di dalam sebuah pesawat oleh seorang ilmuwan psikopat. Sutradara sekaligus penulis naskah film menegangkan ini bernama Han Jae Rim. Menariknya film ini penuh dengan bintang Korea Selatan yang pastinya terkenal bahkan sering muncul di drama seri. Ada Kang Ho (film menang Oscar-Parasite), Byung Hun (belum lama tampil di Squid Game jadi Front Man), Si Wan (suka dia dari drakor Moon Embraces The Sun-juga idol ZE:A), Hae Joon (paling dibenci emak-emak Indo karena jadi suami buruk di The World of the Married), Seol Ina (belum lama datang di Indo-terkenal karena A Business Proposal tapi aku tahu dia sebelumnya dari Mr. Queen) dan Yeol Eum (di Queen: Love and War berperan antagonis).

Berawal dari adegan yang memperlihatkan seorang lelaki yang lalu-lalang di bandara. Dia menanyai petugas bandara akan rute penerbangan mana yang memiliki penumpang terbanyak dan berasal dari Asia. Jelas tingkahnya mencurigakan sehingga dia tidak mendapatkan informasi apapun. Kelakuannya lebih aneh lagi karena di toilet dia menyelundupkan sebuah tabung pada kulit di bagian bawah ketiaknya. Nah ketika sedang melakukan aksinya, seorang bocah perempuan memergokinya dari sebuah bilik toilet. Hampir saja lelaki itu menghampirinya, namun ayah bocah itu datang tepat waktu mencarinya. Si ayah bernama Jae Hyuk, mengoleskan obat pada tangan anaknya yang mengalami penyakit eksim.

Lelaki aneh tadi mendatangi mereka berdua dan bertanya hal-hal personal. Si bocah kemudian membisikkan sesuatu pada Jae Hyuk dan si lelaki aneh menjadi berang. Jae Hyuk berusaha menghindarinya dan berlalu pergi. Si lelaki aneh sudah lebh dulu mendapati informasi akan kemana Jae Hyuk dan anaknya pergi dari nametag yang tertera di koper. Dia nekad mengambil penerbangan yang sama, dari Korea menuju Hawaii-AS.

Seorang detektif bernama In Ho menemukan informasi bahwa tersangka dengan mayat di apartemennya, Jin Seok sedang menaiki penerbangan menuju Hawaii, yang ada sang istri di dalamnya. In Ho panik dan meminta pihak maskapai untuk memutar balik pesawatnya sebelum ada kejadian buruk. Namun mereka tidak bisa berbuat cepat walau In Ho membeberkan fakta penemuan mayat tadi. Hingga di dalam pesawat Sky Korea itu, satu penumpang meninggal. Pihak yang berada di darat jadi lebih menyeriusi laporan investigasi In Ho.

Film menyentil kehidupan sosial dan politik dalam masyarakat. Misalnya saja Manusia hidup seharusnya memanusiakan manusia lain. Ada juga aspek lain yang disoroti film yaitu negara seharusnya membawa rasa aman dan nyaman untuk warganya, namun sayang yang terjadi di lapangan banyak yang tidak sesuai dengan peraturan negara itu sendiri.

Review lengkap mengenai film aksi sekaligus mengharukan ini bisa kamu baca di link berikut ya 🙂

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Anastasya Prizka
www.postyrandom.com
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram