fbpx

Sukses Melahirkan Dengan Gentle Birth

4 April, 2022

Melahirkan merupakan moment bahagia bagi calon ibu dan ayah karena akan segera bertemu dengan buah hatinya. Selain moment bahagia, melahirkan juga menjadi moment yang menegangkan bagi calon ibu. Banyak calon ibu yang takut dan panik ketika mulai memasuki proses persalinan, bahkan ada juga yang trauma dengan proses persalinan yang katanya melahirkan itu sakit.

            Selama menjadi Bidan, saya masih sering menjumpai pasien yang trauma dengan proses persalinan. Padahal pada dasarnya tidak semua proses persalinan itu menyakitkan. Proses persalinan bisa diusahakan agar berlangsung secara nyaman, aman, lembut, minim rasa sakit, dan minim trauma atau yang biasa disebut persalinan secara Gentle Birth. Untuk mendapatkan persalinan secara Gentle Birth memang harus dipersiapakan sejak masa kehamilan dan harus konsisten.

            Saya ingin berbagi cerita persalinan Mbak Niken yaitu salah satu Klien saya yang rutin mengikuti privat Prenatal Gentle Yoga di Nasiha Holistic Care. Mbak Niken adalah ibu Primigravida (pertama kali hamil), pada saat itu usia kehamilannya sudah 30 minggu. Namun belum pernah melakukan Yoga hamil sama sekali. Sejak mengetahui kalau di Nasiha Holistic Care ada kelas Prenatal Gentle Yoga, Mbak Niken langsung reservasi untuk atur jadwal privat yoga.

            Mbak Niken mengikuli kelas Prenatal Gentle Yoga setiap satu minggu sekali. Beliau adalah orang yang luar biasa, setiap gerakan yoga yang saya ajarkan selalu diulang dan dilakukan sendiri setiap hari. Beliau selalu meluangkan waktu untuk latihan yoga, bahkan ada gerakan-gerakan tertentu yang beliau lakukan setiap selesai Sholat. Selain latihan yoga di Nasiha Holistic Care juga ada latihan nafas. Mbk Niken konsisten melakukan yoga dan membaca tentang kehamilan dan persalinan untuk menambah pengetahuan agar dapat melahirkan secara Gentle Birth.

            Benar kata pepatah bahwa “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”. Apa yang sudah diusahakan Mbak Niken dikabulkan oleh Allah. Waktu itu menjelang proses persalinan Mbak Niken memang memutuskan untuk balik ke Surabaya karena ingin melahirkan didampingi oleh suami, jadi kami tidak bertemu lagi untuk latihan yoga.

            Beberapa hari kemudian Mbak Niken mengirimkan pesan ke saya. Beliau memberi tahu bahwa beliau sudah melahirkan. Beliau menceritakan proses persalinan nya yang sangat lembut dan super cepat.

            Beliau bercerita bahwa tanggal 25 Februari 2021, jam 06.00 beliau latihan yoga sampai jam 07.00. Saat yoga gelombang cinta mulai datang, perut mulai mules. Setelah yoga kontraksi mulai intens dan mulai keluar darah. Akhirnya jam 09.00 Mbak Niken memutuskan untuk berangkat ke Klinik bersama suami. Sampai Klinik sekitar jam 10.00 langsung di lakukan Swab dan pemeriksaan ternyata sudah pembukaan 3 cm.

            Karena masih pembukaan 3 cm artinya masih dalam fase laten yang berdasarkan teori saat masih fase laten itu membutuhkan waktu lama, akhirnya di tinggal dulu sama Bidannya ke ruang sebelah karena  diruang sebelah ada pasien mau melahirkan sudah pembukaan 8 cm.

            Saat diruang bersalin Mbak Niken masih asik main Gym Ball dan menyempatkan untuk makan dan minum. Sementara suami masih ngurus administrasi. Baru sebentar main Gym Ball eh ternyata ketuban sudah pecah. Akhirnya Mbak Niken manggil Bidan. Setelah diperiksa ternyata sudah pembukan 10 cm atau pembukaan lengkap. Tidak lama kemudian, jam 11.30 keluarlah anak cantik dengan berat badan 2800 gram dna panjang 49 cm. Dengan bonus perineum robek sedikit, robeknya pun alami tanpa digunting.

            Alhamdulillah, Allah kabulkan doa dan usaha Mbak Niken. Mbak Niken sangat bersyukur bisa merasakan persalinan secara Gentle Birth dengan proses yang singkat padahal ini adalah persalinan pertamanya.

            Beliau mengatakan bahwa latihan yoga selama hamil sangat bermanfaat. Selain membuat proses melahirkan lancar, yoga juga dapat mengatasi keluhan-keluhan selama hamil seperti nyeri pinggang, nyeri punggung, kaki bengkak dan lain sebagainya.

            Untuk mendapatkan persalinan secara Gentle Birth memang Mbak Niken mempersiapkannya sejak hamil. Apa saja yang sih yang dipersiapkan agar dapat melahirkan dengan lancar, aman, nyaman, dan minim trauma seperti Mbak Niken? Jawabannya adalah praktekkan 8 Kunci Sukses Melahirkan Secara Gentle Birth ini.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nasihatul Sholehah
Bidan, Blogger, Content Writer, Entrepreneur.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram