fbpx

Umur Berapa Jerawat Tidak Tumbuh Lagi? by @vickylaurentina

April 9, 2021

Perempuan-perempuan yang masih muda selalu mengira bahwa jerawat akan berhenti tumbuh kalau anak mereka sudah 2 orang atau lebih.
Atau kalau mereka sudah mencapai umur 40 tahun.
Karena melihat nenek-nenek berjerawat itu pemandangan langka.

Tetapi ternyata kita tidak bisa memungkiri kenyataan bahwa masih banyak ibu-ibu yang anaknya sudah masuk SD, dan mereka masih saja ribut berjerawat.
Persoalan yang mengganggu sekali, karena aneh melihat kerutan mulai nampak jelas di sudut mata, tapi di hidung nampak jerawat bertengger, macam anak SMP saja.
Dan ini kadang-kadang bikin malu.

Sebetulnya wajar saja kalau jerawat masih menimpa perempuan berusia 40 tahun.
Karena pada masa itu, hormon androgen pada wanita cenderung meningkat, dan jerawat adalah efek dari peningkatan androgen itu.

Jerawat baru betul-betul berhenti ketika wanita sudah mencapai menopause, biasanya pada usia 55 tahun.
Karena pada saat itu, tak ada lagi hormon-hormon reproduksi yang bekerja sehingga berakibat munculnya jerawat. Jerawat hanya perlu dipandang sebagai efek dari hormon semata. Tak ada hormon, maka tak ada jerawat.

Kabar baiknya, jerawat pada usia di atas 35 tahun umumnya lebih jinak daripada jerawat pada usia yang lebih muda. Sebab, ketelatenan wanita dalam membersihkan wajah pada usia di atas 35 tahun memang lebih baik daripada usia sebelumnya. Ketelatenan membersihkan wajah inilah yang berpengaruh signifikan dalam mencegah jerawat.

Kemudian, pemilihan perawatan kulit juga mempengaruhi muncul tidaknya jerawat.Seringkali penanganan jerawat membutuhkan kesabaran ekstra karena selain memerlukan waktu untuk mengempeskan sebuah jerawat, juga perlu waktu lebih lama lagi untuk menjaga supaya tidak muncul lagi jerawat baru. Inilah perlunya memilih perawatan kulit yang mampu mengatasi jerawat sekaligus mencegah jerawat timbul.

Dan salah satu material yang mampu mengatasi dan sekaligus mencegah jerawat tersebut, adalah propolis. Karena, tidak hanya propolis mampu mengatasi jerawat yang ditimbulkan oleh bakteri tertentu. Namun, propolis juga mampu menjaga supaya lapisan kulit menjadi mampu menahan serangan dari kuman penyebab jerawat.

Saya telah mencoba produk perawatan kulit yang mengandung propolis tersebut. Cukup membantu lho. Setidaknya sudah sebulan terakhir saya tidak jadi jerawatan. Nah, sekarang saya tidak jadi seperti ABG labil yang memencet jerawat lagi, hahaha..

Semoga Anda bisa mengatasi jerawat Anda juga ya. Karena sepertinya, kita baru merdeka dari jerawat jika kita sudah tidak menstruasi lagi..

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina adalah food blogger Surabaya yang sangat suka jalan-jalan dan juga kebetulan seorang dokter. Tulisan Vicky bisa dibaca di https://vickyfahmi.com.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram