fbpx

Zero Waste Cities dan Perbaikan Kualitas Hidup Petugas Sampah

February 12, 2021

Mengapa Zero Waste Cities dihubungkan dengan kualitas hidup seseorang? Dalam hal ini petugas sampah. Coba kita renungkan kembali, bagaimana peran dan risiko yang harus dihadapi oleh petugas sampah ketika melaksanakan tugasnya.

Sebegitu pentingnya kehadiran petugas sampah untuk kita, namun tetap saja masih ada banyak orang yang tidak menghargai keberadaannya. Memandang rendah pekerjaannya hanya karena gajinya yang tak lebih dari lima ratus ribu rupiah setiap bulannya. Petugas sampah yang akan selalu tercium bau tak sedap ketika mereka lewat. Namun tak pernah sekalipun mungkin kita mengingat bagaimana harumnya pekerjaannya untuk banyak orang.

Justru pentingnya keberadaan petugas sampah itulah mereka harusnya layak untuk diberi penghargaan yang tinggi. Bukan hanya sekadar tiga ratus hingga lima ratus ribu setiap bulannya. Sedih sekali ketika membayangkan salah satu petugas sampah yang bekerja di sekitar rumah saya. Sebut saja namanya Pak Sam. Umurnya kira-kira 30-an. Pak Sam memiliki tiga anak yang selalu diajaknya ketika ia harus mengambil sampah.

Anak pertamanya laki-laki kira-kira berumur 10 tahun. Lalu anak keduanya perempuan, kira-kira berumur 7 tahun. Lalu yang paling kecil laki-laki berumur sekitar tiga atau empat tahun. Jangan ditanya ibunya kemana, mengapa ia harus ikut dengan Bapaknya mengambil sampah-sampah di perumahan? Istri Pak Sam adalah seorang buruh di sebuah tempat laundry. Jadi sangat tidak mungkin untuk membawa ketiga anaknya ke tempat kerjanya itu. Maka Pak Sam lah yang membawa ketiga anaknya itu ketika mereka berdua sibuk bekerja.

Apakah mereka tidak sekolah? Ya, jawabannya sudah bisa ditebak. Jika anaknya sekolah tentu Pak Sam tidak akan membawanya ikut serta mengambil sampah-sampah. Jika ditanya mengapa, tentu saja persoalan biaya. Berapa biaya masuk dan SPP yang harus dibayarkan jika anak mereka sekolah. Karena mereka memang tidak punya pilihan lain. Pilihannya hanya ada dua : makan atau sekolah.

Bagaimana dengan kondisi kesehatan para petugas sampah? Bukankah udara yang mereka hirup hampir sepanjang hari adalah udara yang telah terkontaminasi dengan sampah? Yes, untuk itulah program Zero Waste City ini dikatakan dapat meningkatkan kualitas hidup para petugas sampah.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jihan Mawaddah
bookworm, knowledge seeker
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram