fbpx

4 Penyebab Komedo Putih yang Sering Disepelekan

Komedo putih alias whitehead terbentuk saat sel kulit mati, bakteri, dan minyak terperangkap di pori-pori kulit. Walaupun perubahan hormon dan fluktuasi kadarnya sering dianggap sebagai biang keladi dari timbulnya komedo ini, tetapi ternyata masih banyak penyebab komedo putih lainnya yang tidak diketahui banyak orang.

4 Penyebab Komedo Putih

Sering disepelekan, 5 hal ini ternyata bisa menyebabkan komedo putih yang sangat mengganggu penampilan:

  • Sering Memencet Jerawat

Komedo putih muncul saat ada folikel kulit yang pecah akibat pemencetan jerawat. Oleh karena itu, seberapa kesal pun dirimu, pastikan untuk tidak memencet jerawat, karena selain meninggalkan bekas, hal itu juga bisa memicu tumbuhnya komedo putih.

  • Penghapusan Makeup yang Kurang Bersih

Makeup yang berlebihan bisa mengekang kebebasan kulit untuk bernapas, apalagi jika kurang dibersihkan. Alhasil, pori-pori akan tersumbat dan tumbuhlah komedo putih di wajah.

  • Terlalu Stres

Semakin tinggi tingkat stresmu, maka semakin besar pula kemungkinan timbulnya komedo putih. Di dalam kondisi yang amat tertekan, sel-sel penghasil minyak tidak diregulasi, sehingga menghasilkan sebum berlebih, yang kemudian menyumbat pori-pori lebih dalam dan menimbulkan komedo putih dan jerawat.

  • Perubahan Hormon

Khusus untuk wanita, perubahan hormon saat menstruasi juga sangat memengaruhi kondisi wajah. Di saat itulah hormon estrogen menurun dan kadar progesteron meningkat, sehingga memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Selain saat menstruasi, hal ini juga kerap terjadi pada wanita hamil, menopause, atau yang menggunakan pil KB.

Sebisa mungkin, mari kita hindari keempat penyebab komedo putih di atas, demi kondisi wajah yang lebih segar dan sehat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Salsa Winasti
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram