fbpx

5 Alasan Perempuan Harus Mandiri Secara Finansial

13 April, 2023

Keberlangsungan hidup seseorang tidak akan pernah ada yang tahu, kecuali Yang Maha Kuasa. Hidup dan mati sudah ditentukan oleh-Nya. Dalam kondisi apapun , suatu saat kita pasti akan kembali pada-Nya.

Siapapun, baik perempuan, laki-laki, mulai dari bayi dalam kandungan, anak-anak hingga tumbuh dewasa, pun hingga usia senja atau bahkan diberikan kesempatan hidup hingga ratusan tahun, memang sudah menjadi ketetapan Yang Maha Penentu, saat harus menerima kenyataan bahwa ajal telah menjemput.

Kita bahkan masih sering mengabaikan hal-hal yang harus dipersiapkan, bahkan tidak pernah menduga, hingga akhirnya tersadar, bahwa kepergian dari dunia memang telah tiba.

Ketika saat itu harus dihadapi, bahkan tanpa persiapan apapun, termasuk soal finansial.

Apalagi bagi perempuan, yang bahkan baru tersadar saat harus kehilangan, tetapi dia belum siap mandiri.

Bukan hanya tentang sebuah kematian saja, yang menjadi alasan, bahwa perempuan harus mandiri secara finansial. Ini juga menyangkut tentang keberlangsungan hidup bagi perempuan itu sendiri.

Mandiri secara finansial, akan menjadikan seorang perempuan tidak melulu menggantungkan hidupnya pada orang lain, tidak diremehkan, kepercayaan dirinya menjadi lebih tinggi, menjunjung keseteraan gender, bahkan bisa menjadi panutan bagi orang lain.

Berpenghasilan bagi seorang perempuan, tidak harus bekerja diluar rumah untuk mewujudkan kemandirian secara finansial. Banyak perempuan bisa menunjukkkan keberhasilan dan kemampanan finasial mereka, melalui usaha yang dilakukan di rumah. Bahkan tidak jarang, pundi-pundi mereka jauh lebih banyak, dari para perempuan yang berpenghasilan dengan melakukan pekerjaan diluar rumah atau sebagai pegawai kantoran.

Ini alasan pentingnya perempuan mandiri secara finansial yaitu :

  • Bentuk tanggungjawab

Kemandirian secara finasial, merupakan salah satu bentuk tanggungjawab, terutama apda diri sendiri. Setiap orang, termasuk perempuan, seharusnya mempunyai rencana jangka  panjang untuk keberlangsungan hidupnya. Perempuan harus berpenghasilan, agar hidup yang dijalani bisa terus berjalan sesuai yang diharapkan.

 

  • Tidak bergantung pada orang lain

Siapapun seharusnya tiadk boleh menggantungkan hidupnya pada orang lain. Apa jadinya kala kita sebagai perempuan, terus menggantungkan keberlanjutan hidup, dengan mengandalkan orang lain, apalagi bila tempat bergantung telah tiada? Apa lantas akan mencari pengganti sebagai tempat bergantung? Atau bahkan bila tidak menemukan pengganti, akan memilih mengakhiri hidup begitu saja? Tentu bukan sebuah keputusan yang tepat, bukan?

Jadi mulai sekarang, andalkan diri dan kemampuan yang ada, agar tidak bergantung kepada orang lain, termasuk soal finansial.

 

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Perempuan yang bisa menunjukkan kemandirian secara finansial, tentu kepercayaan dirinya akan menjadi lebih tinggi. Dia tidak akan diremehkan dan dipandang sebelah mata oleh orang lain. Tunjukkan saja kemampuan diri, bahwa sebagai perempuan, bisa menentukan langkah-langkah dan mengambil keputusan penting bagi masa depan, tanpa harus melibatkan orang lain.

 

  • Siap menghadapi permasalahan hidup

Setiap orang pasti mempunyai permalsahan hidup. Sekecil apapun permasalahan tersebut. Menunjukkan kemampuan mandiri secara finansial, berarti juga siap menghadapi segala risiko atau permasalahan hidup yang akan dihadapi.

 

  • Salah satu bentuk mencintai diri sendiri (self love)

Perempuan harus bisa menunjukkan kecintaan pada diri sendiri. Mempunyai penghasilan, bisa membuat seorang perempuan merasa bahagia, karena bisa menentukan, apapun yang dia inginkan. Misalnya ingin membeli rumah, kendaraan, barang-barang yang diinginkan, dan sebagainya.

 

So … wahai perempuan, siapkah untuk mandiri secara finansial? Do it and be the amazing woman who change that you wish to see in the world.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

#BPNRamadan2023

 

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Balas WA, Yay or Nay?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Novarina DW
Seorang ASN di Kabupaten Nganjuk, penulis buku, dan pemilik blog www.nodiwa.com

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram