fbpx

5 Fungsi Antioksidan yang Penting untuk Tubuh

Fungsi antioksidan dapat ditemukan di dalam buah maupun sayuran. Dengan konsumsi wajar yang rutin, antioksidan bisa memerangi dampak buruk dari radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah hasil dari pengolahan makanan yang berubah menjadi energi. Selain itu, kamu juga bisa terpapar radikal bebas dari paparan sinar matahari. Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat memberikan dampak buruk, seperti penuaan dini, penyakit kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kita membutuhkan antioksidan, yang terdiri dari 2 jenis, yakni: endogenous yang dihasilkan tubuh dan exogenous yang diperoleh dari berbagai hidangan sehat.

5 Fungsi Antioksidan

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah fungsi antioksidan secara rinci bagi tubuh kita:

1. Meningkatkan Imunitas

Fungsi antioksidan yang pertama adalah meningkatkan kekuatan imunitas, terutama yang berasal dari vitamin C. Dengan imunitas yang kuat, maka tubuh kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan juga dikenal sebagai agen anti penuaan dini. Konsumsi hidangan, seperti blueberry dan penggunaan skincare yang diperkaya antioksidan bisa mengurangi keriput dan garis halus. Pasalnya, antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen, yang menjaga elastisitas dan kekuatan kulit, sehingga tampak lebih lembut, lembab, kenyal, dan awet muda.

3. Menyehatkan Mata

Antioksidan juga mampu menurunkan risiko kebutaan dan berbagai penyakit lain yang dapat menyerang area mata, lho. Fungsi antioksidan untuk kesehatan mata bahkan tidak hanya bisa didapatkan dari hidangan, tetapi juga dari nutrasetika.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Antioksidan polifenol di dalam kopi atau teh juga efektif untuk mencegah penyakit jantung. Ia mencegah lemak untuk teroksidasi, sehingga membatasi peradangan internal yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko munculnya sel kanker.

5. Meningkatkan Kinerja Otak

Senyawa antioksidan di dalam vitamin C dan E mampu meningkatkan kinerja otak, mulai dari meningkatkan kemampuan kognitif sampai meningkatkan daya ingat. Selain itu, antioksidan ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah ke otak.

Setelah mengetahui sejumlah fungsi antioksidan di atas, mari kita rajin-rajin mengkonsumsi hidangan yang kaya akan antioksidan dan menggunakan skincare yang diperkaya antioksidan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Listia Wardhana
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram