fbpx

Tren dan Dampak Penggunaan Kata-Kata Kasar Pada Remaja/Anak Muda

Penggunaan kata-kata kasar oleh remaja/anak muda telah menjadi tren yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini tidak hanya terjadi di lingkungan sehari-hari, tetapi juga semakin merajalela di dunia maya, yang  mempengaruhi cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi.

Penggunaan kata-kata kasar oleh remaja/anak muda ini menggambarkan perubahan yang terjadi dalam gaya komunikasi mereka. Terlepas dari penyebabnya, baik dari pengaruh media sosial,  atau lingkungan sekitar, fakta menunjukkan bahwa remaja/anak muda semakin cenderung mengucapkan kata-kata yang kasar tanpa mempertimbangkan dampaknya.

Dampak Negatif Penggunaan Kata-Kata Kasar

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kata-kata kasar memiliki dampak negatif, seperti meningkatnya tingkat agresivitas dan menurunnya kualitas hubungan interpersonal. Survei menunjukkan bahwa sekitar 70% anak muda pernah menggunakan kata-kata kasar dalam percakapan mereka, sementara penggunaan kata-kata kasar dalam media sosial meningkat sebesar 37% dalam lima tahun terakhir.

Dampak Sosial Penggunaan Kata-Kata Kasar

Penggunaan kata-kata kasar tidak hanya berdampak pada individu, tetapi juga pada masyarakat secara luas. Komunikasi yang kasar dapat menciptakan lingkungan yang tidak nyaman, yang menyebabkan  konflik antarindividu, dan merusak nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat.

Langkah Untuk Mengatasi Penggunaan Kata-Kata Kasar

Dalam mengatasi Fenomena ini penting untuk  menekankan peran dari berbagai pihak, Ini termasuk peran orang tua, pendidikan di sekolah, serta upaya kolaboratif antara masyarakat, media, dan lembaga pendidikan untuk mengedukasi dan memberikan contoh yang positif kepada remaja/anak muda tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik dan menghargai orang lain.

Kesimpulan

Penggunaan kata-kata kasar oleh remaja/anak muda adalah masalah yang memiliki dampak yang signifikan pada  individu dan masyarakat . Namun, dengan adanya upaya kolaboratif dari berbagai pihak, kita dapat mengatasi fenomena ini dan membantu remaja/anak muda membangun kemampuan komunikasi yang lebih baik dan sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Santi Auliah UNM
Hi, I am a student at Universitas Negeri Makassar. I am currently studying at Faculty of Languages ​​& Literature, Business English Communication study program. I really like writing because I think all good ideas that arise should be written down so that they are not lost in vain and hopefully can be used as material for reflection in the future.

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

tagcalendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram