fbpx

Believe in Me

16 April, 2021

Ada berbagai cara untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Beberapa orang memasang rentetan target dalam kehidupannya, beberapa lagi membuat resolusi di setiap tahunnya. Semacam amunisi untuk tetap semangat dalam menjalani hidup. Terkadang karena sejumlah keinginan yang terlalu meminta untuk dituruti kita lupa pada kebahagiaan diri kita sendiri. Tapi kembali kepada pilihan masing-masing orang. Terkadang untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, kita harus bekerja lebih keras dibandingkan orang lain. Memiliki orientasi dan target dalam hidup memang penting tapi bukan berarti membuat kita terlalu mengejarnya sampai lupa menikmati hidup. Kadangkala kita akan menemui hal yang tidak sejalan dengan apa yang kita inginkan. Di saat itulah sudah saatnya kita “ Let it the flow”, menikmati hidup dan menghayati setiap hal yang terjadi.

Banyak orang berlomba-lomba dalam hidup, mengikuti standar yang seolah-olah merupakan ketentuan mutlak yang harus dijalani. Berapa banyak orang yang menjadikan usia sebagai tolak ukur kehidupan, seolah-olah semua tahapan hidup setiap orang sama. Ada banyak tuntutan yang seharusnya tidak perlu dirisaukan. Sebuah pencapaian besar apabila kita mampu berdiri sendiri. Memiliki pandangan kita sendiri mengenai kehidupan seperti apa yang ingin kita jalani. Tidak tergantung pada pendapat ataupun pemikiran orang lain.

Tiga tahun lalu untuk pertama kalinya aku memutuskan sesuatu yang kupikir cukup besar untukku. Saat itu aku baru saja lulus SMA, semua temanku bersiap untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Ada satu sisi dalam diriku yang juga ingin seperti mereka, namun di sisi lainnya aku sadar itu adalah hal yang mustahil, keinginan yang terlalu tinggi bagi gadis desa sepertiku. Dan memang di tahun itu aku tidak meneruskan pendidikanku seperti teman-teman yang lainnya. Ada banyak hal yang membuatku memutuskan untuk menunda. Ya menunda... Dengan tekad yang bulat di tahun berikutnya kuyakinkan diriku sendiri pasti aku bisa. Meskipun ada banyak sekali halangan dan juga berbagai macam kesulitan, dengan tekad dan pendirian yang kuat akhirnya tercapai juga. Mencicipi pendidikan di  bangku kuliah, rasanya sangat membahagiakan.  Bangga saat kita memiliki keyakinan terhadap diri kita sendiri. Bisa menjalani kehidupan seperti yang kita inginkan dengan sepenuh hati. Dan saat apa yang kita yakini bisa terbukti, itu adalah sebuah kemenangan.

Next Post:

THE STORY OF MY 25

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Dyah Titi Sumpenowati
Manusia biasa yang mencoba untuk bertumbuh dan berkembang. Menghadapi Quarter Life Crisis dengan memperdalam imaginasi dan pengetahuan diri.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram