fbpx

Cara Mengurangi Sampah Di Rumah, Yuk Mulai Berkontribusi Untuk Indonesia Bersih!

19 July, 2021

Sampah sudah menjadi permasalahan sejak dahulu. Baik bagi negara, daerah tempat kita tinggal atau bahkan di rumah pun sampah menjadi salah satu biang masalah. Apalagi ada sebuah fakta yang terungkap bahwa 62% sampah yang ada di Indonesia itu berasal dari rumah tangga. Maka dari itu penanggulangan sampah harus berawal dari rumah loh.

Nah seperti yang diungkapkan oleh Haruki Agustina selaku Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 KLHK pada media tempo, rabu 4 maret 2020, "Karena paling banyak berasal dari rumah tangga, maka harus ada pengelolaan yang baik di rumah tangga.”
Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara mengurangi sampah di rumah sebagai penanggulangan awal sampah agar tidak semakin menumpuk di Indonesia? Karena kan kita tau bahwa rumah tangga merupakan gudangnya mengeluarkan sampah tiap hari, sebut saja sampah makanan, sampah plastik atau sampah lainnya. Lagipula tidak mungkin juga rumah tangga tidak akan menghasilkan sampah sepeserpun.
Memang sih, namun kan kita bisa menguranginya? Jangan pernah sampai menganggap, "lah, cuma aku yang mengurangi sampah, sedangkan di rumah-rumah lain tetap sama, ya bakal sama saja dong, nggak ngaruh."
Jangan seperti itu, sebab keterlibatan kita mengurangi sampah di rumah tetap akan berarti, walau hanya 0,0000000 persen, tetapi itu sudah termasuk mengurangi kan? Anggap saja seperti pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Keterlibatan kita dalam mengurangi sampah dari rumah memang tidak terlihat berarti, namun jika terus-terusan itu dilakukan, keterlibatan kita dalam mengurangi sampah menjadi besar dan juga akan berdampak besar untuk Indonesia.
Maka dari itu, berikut ini merupakan cara mengurangi sampah di rumah yang sangat mudah diterapkan atau dilakukan. Baik untuk ibu-ibu, bapak-bapak, anak gadis ataupun bujang.
Baca Selengkapnya
Previous Post:

2021 June Wrapped-up

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rita apri diyanti
Blog saya bernama diyanti blog. Berisi sebuah informasi, cerita dan motivasi. Saya sangat menyukai menulis
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram