fbpx

[DAY-14] MERENCANAKAN 5 TAHUN KE DEPAN | TIPS

27 April, 2021
Ketika membayangkan masa depan, banyak pertanyaan dibenak kita. Akan seperti apa kehidupan kita di masa depan? Apakah menjadi seperti yang kita bayangkan sekarang atau malah diluar prediksi kita? Lalu bagaimana caranya merencanakan kehidupan di masa yang akan datang?
 
Ada beberapa tips dalam merencanakan rencana masa depan untuk selang waktu 5 tahun ke depan. Apa saja? Yuk simak pembahasan dibawah ini.
 
1. Siapa 'Aku' di Masa Sekarang
 
Kamu harus tau posisi kamu sekarang. Mengenali diri sebelum merencanakan itu penting agar target yang akan dicapai menjadi realistis. Di masa sekarang berapa umur kamu? Apa yang kamu lakukan di umurmu sekarang? Ketika kamu selesai menganalisis siapa 'Aku', kamu bisa menentukan keinginan kamu.
 
2. Buat List Rencana Masa Depan
 
Dengan membuat daftar keinginan yang ingin kamu realisasikan di masa mendatang,  akan memudahkanmu dalam mencapai keinginanmu. Dengan daftar keinginan tersebut, sortir rencana mana yang jadi prioritas utama kamu. Sehingga pengerjaannya optimal dalam waktu yang telah ditentukan.
 
3. Planning
 
Buat prosesnya secara terstruktur untuk rencana masa depan kamu. Gunakan target tahunan dalam planning. Pastikan di target tahunanmu, semua proses dapat tercapai atau selesai. Jangan lupa untuk membuat planning cadangan untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga.
 
4. Hasil dan Evaluasi
 
Ketika kamu berada di masa depan nanti setelah melalui semua usahamu, lihatlah apakah hasil rencanamu berjalan sesuai rencana atau tidak dan evaluasikan rencanamu untuk memperbaiki rencana masa depan yang akan kamu lakukan kembali.
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wanda safitri
I'm Wanda Feni Safitri, otherwise known as Wfanda or Fe. Someone who likes about literature. I declare myself as a newbie writer in free time not as a pro writer.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram