fbpx

Ini 3 Perbedaan Bercanda dengan Perundungan

27 December, 2022

Ah, lebay banget sih! Digituin aja langsung marah. Kan cuma bercanda.

Entah kenapa, sejak kata lebay semakin menyatu dalam percakapan kita, secara tanpa sadar, kita seperti menyepelekan perasaan orang lain. Padahal, ketika apa yang kita ucapkan dan lakukan ternyata menyakiti perasaan seseorang, berarti yang salah adalah kita, bukan sebaliknya.

Dalam pergaulan, ketika seseorang tersakiti, merasa tertindas, merasa terhina dan merasa terpojokkan akibat perlakukan seseorang, itu masuk ke dalam kategori perundungan. Sekalipun ngakunya cuma bercanda, tapi kalau sudah ada pihak yang tidak nyaman, itu bukan lagi bercanda.

Nyatanya, perundungan masih menjadi momok di dunia pendidikan Indonesia. Kalau kata Mas Menteri Nadiem Makarim, perundungan masuk ke dalam salah satu dari 3 dosa besar pendidikan yang harus dihapuskan. Beliau juga mengatakan bahwa 24,4 persen dari peserta didik kita berpotensi mengalami insiden perundungan, dan ini merupakan angka yang sangat besar (dilansir dari disway.id).

Sebenarnya, apa sih perbedaan bercanda dengan perundungan? Apakah hanya dalam lingkup pergulatan emosi saja, atau ada yang lainnya? Simak penjelasan berikut, ya. Sangat penting diketahui anak-anak kita, orang tua, maupun seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem pendidikan.

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Cerita Hari Ibu 2022

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Novarty Eka Putriana
Aku seorang Ibu Rumah Tangga baru yang hanya memiliki sedikit sekali pengalaman dalam dunia parenting. Banyak hal yang harus dipelajari agar semuanya seimbang. Keluarga selalu menjadi prioritas utama dalam hidupku. Tapi disisi lain, aku selalu bersemangat untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang sukses. Menjadi Ibu Rumah Tangga bukan berarti menghentikan langkah untuk sukses.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram