fbpx

Kawasan Religi Ampel, Surganya Makanan Timur Tengah di Surabaya

3 April, 2022

Saat bulan Ramadan tiba, Surabaya memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan nuansa Timur Tengah. Wisata Religi Ampel. Kawasan ini terletak di Surabaya Utara menuju Pelabuhan Perak.

Membayangkan menunggu adzan maghrib dengan berkeliling mencari tempat makan untuk berbuka dan membeli cemilan atau sekadar berbelanja kurma selalu membuat saya excited. Dikenal sebagai kawasan berpenduduk keturuanĀ  Arab, tempat ini menyajikan suasana yang berbeda saat bulan Ramadan.

Baca juga: Ide Kegiatan Mengisi Waktu Saat Puasa di Rumah

Nah, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa teman-teman lakukan saat mengunjungi Kawasan Religi Ampel Surabaya. Check this out!

1. Ngabuburit belajar sejarah

Sebagai salah satu kawasan religi di Surabaya yang selalu masuk list dalam kunjungan ziarah makam wali songi di Surabaya, Makam Sunan Ampel menjadi pusat wisata tempat ini. Teman-teman bisa mempelajari sejarah penyebaran Islam di Pulau Jawa melalui perjalanan Sunan Ampel.

Ada pula makam Mbah Soleh yang terkenal sakti. Ini saya juga nggak begitu paham. Konon, Mbah Soleh ini adalah salah satu santri Sunan Ampel yang sering selalu menjaga kebersihan masjid. Uniknya, Mbah Soleh memiliki 9 makam di kawasan ini.

Selain makam Sunan Ampel, di kawasan ini juga terdapat makam KH. Mas Mansyur yang merupakan salah seorang pahlawan kemerdekaan saat kependudukan Jepang. Ada yang masih ingat organisasi yang dibentuk Jepang, PUTERA? KH. Mas Mansyur merupakan salah satu tokoh empat serangkai yang menanamkan semangat nasionalisme pada saat itu.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dea merina
Blog yang berisi review buku, film, tempat wisata, dan makanan. Terkadang saya juga menulis beberapa tulisan seperti prosa, cerpen, dll. Apapun yang ingin saya bagi saya tuliskan di blog. Blog menjadi salah satu media saya bersuara dan berbagi. Menerima kerja sama juga. Terima kasih
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram