fbpx

Kenapa Suka Journaling?

11 February, 2022

Kenapa Suka Journaling? – Hhhhmm kalau ditanya kenapa aku suka journaling, aku pasti langsung jawab dengan tegas “Karena banyak manfaatnya”. Yup, benar aku sendiri yang masih tiga tahun aja udah ngerasain puluhan manfaatnya.

Aku sebutin, ya

 

Hidup menjadi lebih produktif

Yap, benar sekali. Dengan journaling di bullet journal, aku menjadi lebih produktif. Alasannya karena aku menulis semua apa yang mau aku lakukan. Aku membuat rencana kegiatanku dari bangun tidur sampai mau tidur kembali. Aku merencanakan detail hingga ke waktunya. Misal, aku membuat rencana untuk hari Minggu.

  • 6 a.m — Bangun tidur
  • 6 – 8 a.m — Makan, scroll instagram, buka youtube kalau bosen ig-an
  • 8 – 12 a.m — Nonton drakor
  • 12 – 1 p.m — Tidur siang
  • 1 – 5 p.m — Lanjut nonton drakor
  • 5 – 6 p.m — Mandi, scroll ig, makan
  • 6 – 7 p.m — Bikin plan untuk konten minggu depan
  • 7 – 8 p.m — Buat outline untuk konten blog minggu depan
  • 8 – 9 p.m — Scroll ig, youtube
  • 9 – 11 p.m — Lanjut drakor (Kalau sudah tamat di siang, biasanya aku youtube an sampek jam 11)
  • 11 p.m — Tidur 🙂

Kadang, ada beberapa kerjaan yang harus aku kerjain. Nah, ini aku set di jam 6 – 11 p.m.

Dengan plan seperti ini, aku merasa hari-hariku dihabiskan dengan hal-hal yang positif dan menjadi produktif. Kamu wajib nyobain plannning kayak gini. Tapi, isiny jangan hanya rebahan nonton drama doang, ya. Itu plan aku di hari minggu aja. Aku pengen hari minggu dipakai untuk merefresh otak makannya drakor doang.

 

Yuk, lanjut!

Mengurangi stress

Hal penting yang membuat aku suka journaling adalah mengurangi stress. Aku selalu memberikan space di daily activities untuk menuliskan bagaimana hariku berjalan. Kalau lagi stress banyak kerjaan aku tulis. Kalau lagi happy, juga aku tulis. Trus, kalau ada hari penting ya pasti aku tulis.

Misal, tanggal 5 Januari masuk kerja pertama ya dibawah plan aku pasti tulis “Tgl 5/01 Hari pertama masuk kerja”. Aku ngelakuin ini agar aku bisa mengingat tanggal-tanggal penting yang membuat aku bersyukur.

 

Goal tercapai

Ini nih yang paling penting. Diawal kan aku sudah menentukan tujuan lalu merencanakannya. Nah, dengan journaling ini bisa membantu kita untuk tetap pada track goal yang mau dicapai. Kalau gak kita tulis kan goal-goal ini sering kita lupain.

 

So, Yuk mulai journaling! 🙂

 

Baca Juga: Bagaimana Memulai Journaling? Ini 5 Tips Mudah

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
KATELYA LArasati
Hi, Aku Katelya Larasati. Nama panggilanku Katy. Aku adalah seorang hotelier yang menyukai dunia journaling dan blogging (Katelyalarasati.com)
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram