fbpx

Kesehatan, Korban Kebiasaan Buruk

5 November, 2021

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang jari kelingking saya yang sakit. Yang awalnya saya pikir hanya kecapekan bekerja, dan saya kira bakalan sembuh sendiri, ternyata berlanjut sampai saat ini. Sampai bikin saya nggak nyaman buat bekerja apalagi dalam waktu cukup lama 😢

Setelah saya bawa ke beberapa tempat pijat dan nggak ngefek sama sekali, jadilah kemarin pagi saya coba pergi ke terapi chiropractic yang ada di Surabaya. Meski sedikit ragu tapi nggak apa-apa lah tetap saya coba 👀

Saya baru sadar kalau pergelangan tangan kanan saya ternyata kapalan. Saya kira memang bentuk tangan saya begitu hehe. Penyebab jari kelingking saya sakit pun karena posisi tangan yang melengkung saat memegang mouse 😖

Baca juga: Orion

Menurut penjelasan terapisnya, otot jari saya terjepit. Dan kalau pun dibenerin, tetap bakalan bisa kambuh lagi kalau habit saya bekerja nggak berubah (bekerja terlalu lama dan nggak menggunakan mouse pad bantal) 😶

Punggung saya pun dicek juga. Selain otot yang kaku, ternyata bentuk tulang punggung saya sedikit bengkok (skoliosis) karena posisi duduk atau beban pada pundak yang nggak seimbang. Tinggi bahu pun nggak sama. Mungkin saya sering memanggul tas yang berat dengan satu bahu (belum lagi ditambah dengan beban hidup, hihi) Hiks. asli sedih banget sewaktu tahu banyak yang nggak beres dengan tubuh saya 😧

Saya langsung diceramahi habis-habisan oleh terapisnya. Kebetulan saya cukup sering ke tempat ini setiap ada masalah dengan tulang saya. Dulu sewaktu SMA (di Balikpapan), tulang punggung saya sempat bermasalah karena saat renang, selain nggak pemanasan juga saya sok sokan atraksi hehe. Saya masih ingat betapa sakitnya punggung saya saat itu dipakai duduk 😭

Baca juga: Suroboyo Bus, Bus Ramah Lingkungan di Surabaya

Setelah rontgen, ternyata ada 1 ruas tulang yang keluar barisan. Dokter memberikan solusi untuk dioperasi. Jujur saya takut buangeetttt. Lalu ibu saya pun membawa saya ke Surabaya dan berobat di chiropractic ini. Saya lupa antara 1 atau 2 kali datang, setelahnya punggung saya sudah kembali normal 😊

Kemarin, setelah tahu banyak masalah di tubuh saya, saya jadi merasa kembali diingatkan kalau usia saya masih cukup muda dan harus menjaga pola hidup hehe. Sejujurnya, aktivitas work from home ini bikin saya kurang gerak dan mager yang berlebihan huhu 😕

Apalagi sekarang saya udah jarang olahraga. Bangun pagi beberes rumah, kerja sampai sore bahkan kadang malam, leyeh-leyeh sebentar, nonton film atau nulis, terus tidur. Nggak kebayang kalau kebiasaan ini terus berlanjut hingga usia 30, 35, 40, bahkan 50 😲

Padahal dulu saya masih rutin yoga. Dan memang manfaatnya luar biasa banget. Bikin badan saya lebih segar dan pikiran fresh. Mood juga jadi bagus. Tapi, nggak tahu deh belakangan jadi mager parah 😤

Baca juga: 4W + 1H antara Aku dan Blog

Kan saya masih pengen bisa traveling dengan riang gembira. Masih pengen bisa lompat-lompat, hiking, guling-guling, dll 💕 Aahhh, beruntunglah saya tahu lebih cepat dan segera bisa merubah pola hidup yang nggak sehat itu 🌻

Ah ya, ada beberapa kebiasaan buruk yang mengorbankan kesehatan, terutama perihal tulang. Ini semua based on pengalaman saya dan penjelasan terapis. Bisa jadi case saya dan teman-teman berbeda hehe 😃

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dea merina
Blog yang berisi review buku, film, tempat wisata, dan makanan. Terkadang saya juga menulis beberapa tulisan seperti prosa, cerpen, dll. Apapun yang ingin saya bagi saya tuliskan di blog. Blog menjadi salah satu media saya bersuara dan berbagi. Menerima kerja sama juga. Terima kasih
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram