fbpx

Mitos atau Fakta ? Ketika di dalam rumah enggak perlu pake sunscreen

10 July, 2021

MITOS

Faktanya, di dalam rumah kita perlu memakai sunscreen

Sebagian besar berpikir, penggunaan sunscreen enggak terlalu penting karena berada di dalem ruangan, enggak kena matahari kok. Hmmm ini salah besar yaa! karena sinar matahari itu bisa masuk melalui kaca jendela rumah kita.

Tapi, kan aku bener-bener di ruangan yang tertutup banget ?

Ruangan tertutup banget? hmm yakin ?

Kalian tau gak? Sinar UVA, yang merupakan 95% dari cahaya matahari yang mencapai bumi, masih bisa masuk melalui jendela dan menyentuh kulit kita. Radiasi sinar UVA yang masuk dari jendela itu bahaya juga lhoo karena dapat dipantulkan lagi oleh lantai, cermin didalam rumah, screen dari gadget kalian atau barang elektronik lainnya dan barang-barang lainnya sehingga dapat menjangkau sudut-sudut rumah, jadi di sudur rumah manapun kalian, kena juga pantulan sinar UVA itu. Remember that!

Radiasi sinar UVA atau UV Aging, dapat membuat kulit kalian mengalamin penuaan dini, muncul garis-garis halus, kerutan, dan munculah noda-noda hitam alias Hiperpigmentasi (*masalah kulit hiperpigmentasi ini gue alamin banget, bener-bener susah untuk memudarkannya, apalagi untuk menghilangkan butuh effort dan biaya yang lebih kayaknya, nyesel banget selama sekolah dulu enggak pernah pake sunscreen)

enggak hanya itu, penuaan kulit karena paparan sinar matahari itu dapat merusak DNA dan parahnya lagi bisa menyebabkan kanker kulit melanoma. emangnya mau ?

kalian wajib tahu juga, selain sinar UV, ada beberapa jenis sinar lainnya yang bertebaran di sudut-sudut rumah kalian, dan tentu aja dapat merusak kulit kalian. sinar artifisial atau cahaya artifisial (sinar biru), biasanya berasal dari elektronik seperti layar smartphone kalian, laptop atau komputer, TV, dapat memberikan dampak negatif juga serupa seperti sinar matahari. Sinar biru dapat meningkatkan aktivitas radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit kalian, kulit akan sangat mudah mengalami penuaan, peradangan dan kemerahan.

kekuatan sinar biru ini emang enggak sekuat sinar matahari, namun perlu diwaspadai juga. nah, pemakaian sunscreen ini dapat menghalangi paparan sinar biru, sehingga efek negatifnya juga berkurang.

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Inge Arfatikka
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram