fbpx

Update Skincare Semester I 2021

21 July, 2021

Terakhir kali saya menulis tentang skin care routine adalah tahun 2018, membahas brand yang saya coba dan saya mau. Seiring waktu, yang saya pakai juga berubah, mengikuti kondisi kulit.

Kalau sampai dua tahun lalu saya punya kulit wajah yang oily dan super acne-prone, sekarang malah kebalikan. Faktor yang membuat tipe kulit saya berubah sepertinya karena usia yang bertambah, perubahan hormon, dan treatment yang kemarin-kemarin saya lakukan.Kulit saya saat ini masih acne-prone, karena sempat mengalami breakout pada pertengahan tahun. Saya menduga karena stres dan perubahan metabolisme tubuh - saya tambah gemuk sekian kilogram berkat hobi ngemil dan rebahan yang bobol.

Saat ini, pelan-pelan, kondisi kulit sudah lebih membaik. Seperti biasa, jerawat muncul menggila saat menstruasi, lalu menghilang namun tidak dengan bekasnya. Saat bekasnya sudah hampir hilang, eh, jerawat baru muncul lagi.😄

Perubahan kulit karena usia terasa sekali. Bukan berarti saya mendadak jadi keriput di mana-mana, ya: tapi saya bisa melihat dengan jelas efek ke kulit saya ketika ada hal tertentu.

Misalnya saat menstruasi, tempat muncul jerawat biasanya sama. Atau ketika habis begadang, kulit langsung dehidrasi. Begitu juga kalau saya terlalu banyak makan makanan berminyak.

Kalau kata pepatah: you are what you eat, dan itu terlihat sekali di kulit saya. Mungkin karena sekarang kulit sudah masuk kulit dewasa, jadi dia nggak labil-labil amat kayak jaman muda. Eh, tapi sekarang saya juga masih muda sih.

Karena itu, saya jadi lebih serius lagi dalam memilih produk. Pokoknya sudah tidak mau coba-coba, mau yang sudah pasti dan aman saja - ganti produk hanya one at a time (sesuai motto tahunan, asik). Lalu melengkapi rutinitas yang sebelumnya suka bolong-bolong.

Baca juga: Mindful Skincare Approach, Untuk Kulit (dan Dompet) yang Lebih Bahagia

Baca juga: One Thing at a Time

Dari yang awalnya pakai serum kalau ingat, jadi rutin bergilir. Pakai pelembap juga suka skip kalau sedang di rumah, sekarang apa pun yang terjadi harus pakai. Rutinitas yang ini sudah saya lakukan sejak pertengahan 2020, dan Alhamdulillah, semua produknya cocok. Siapa tahu ada yang sama?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mega Aulia Insani
A regular office employee who loves writing and fragrance. Writing blog as a form of her old dreams: becoming a magazine editor.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram