fbpx

Penyakit Kusta Bisa Sembuh, Bukan Kutukan! (Talkshow KBR x NLR)

September 14, 2021

Senin, 13 September 2021 kemarin, saya mengikuti sebuah  Talkshow  Ruang Publik KBR yang dipersembahkan oleh NLR Indonesia. Talkshow ini mengusung tema  Gaung Kusta di Udara , bertujuan untuk melestarikan stigma dan  hoax  kesehatan di masyarakat. Faktanya, penyakit kusta bisa sembuh, penyakit ini bukan kutukan!

 

 

Talkshow ini menghadirkan dr. Febrina Sugianto (Junior Technical Advisor NLR Indonesia) dan juga Malika (Manager Program dan Podcast KBR). Talkshow dipandu oleh host Rizal Wijaya dan juga sebagai peringatan Hari Radio Nasional yang diperingati 11 September lalu.

A. Kondisi Penyakit Kusta di Indonesia

Ternyata Indonesia menempati peringkat tiga terbesar di dunia. Sebuah prestasi yang sebetulnya miris ya. Ternyata masih banyak kasus kusta di Indonesia sekarang ini.

 

kasus kusta di indonesia

Kasus Kusta di Indonesia dari tahun 2020 jumlahnya 16.700 kasus. Sebetulnya kasus ini menurun dibandingkan data pada 2019 yaitu sebanyak 17.439 kasus. Namun penurunan kasus ini bisa menjadi kabar baik maupun kabar buruk untuk kita. Mengapa?

 

Menjadi kabar baik jika memang benar data tersebut menunjukkan eliminasi kasus yang kita usahakan tercapai. Namun bisa jadi buruk jika memang menurun karena  skrining  yang dilakukan tidak rutin, karena ada restriksi pandemi.

Sekarang di Indonesia sebanyak 26 provinsi mengalami eliminasi kusta, namun ada 8 provinsi yang belum berhasil eliminasi kusta. 8 provinsi itu meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Di 2019 kasus kusta pada anak masih mencapai 11% dan untuk 2020 mencapai 10%. Wah, ternyata masih banyak anak-anak yang terjangkit ini ya. Kita perlu banget untuk tahu seluk beluk kusta ini.

 

SELENGKAPNYA HANYA DI www.nurrahmahwidyawati.com

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Pengalaman Konseling

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram