fbpx

Rekomendasi Cerita Dongeng dan Manfaat Membacakannya Kepada Anak

5 October, 2021

Cerita dongeng. Membacakan cerita dongeng anak sebelum tidur merupakan cara tradisional untuk mempererat hubungan ibu dan anak yang hingga saat ini masih sangat efektif. Dan secara tidak langsung, kegiatan sederhana ini akan meningkatkan minat baca kepada anak yang nantinya akan sangat membantu hidupnya ketika sudah dewasa.

Cerita anak atau dongeng anak kebanyakan memang hanya dibacakan agar anak cepat mengantuk dan segera tidur. Bahkan, tidak sedikit orang tua yang pintar mendongeng sendiri tanpa membaca cerita yang sudah ada untuk anaknya.

Padahal, ada manfaat yang lebih besar dari membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur yang mungkin tidak Anda sadari.

Manfaat Membaca Dongeng Anak Sebelum Tidur

cerita-dongeng, cerita dongeng anak, cerita dongeng bergambar, cerita fabel

Tahukah Anda, ternyata membaca dongeng anak sebelum tidur bukan hanya bisa membuatnya cepat terlelap. Tetapi juga membantu pertumbuhan otak, kebiasaan, dan cara berpikir mereka ketika sudah dewasa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat membaca dongeng anak untuk pertumbuhan buah hati.

  • Meningkatkan kemampuan bicara buah hati dengan menambah kosa kata baru dalam ingatan mereka
  • Melatih daya imajinasi dan kemampuan berpikir anak
  • Mempererat hubungan anak dan orang tua
  • Membantu anak mengenal pelajaran hidup sederhana dari setiap dongeng
  • Meningkatkan minat baca buku pada anak

Poin yang terakhir adalah salah satu yang paling penting, mengingat minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah yang berdampak pada rendahnya kualitas SDM dan tingkat ilmu pengetahuan masyarakat.

Dengan membiasakan baca dongeng sebelum tidur, khususnya dongeng di dalam buku, Anda bisa memperkenalkan literasi lebih cepat dibandingkan anak yang lain.

Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Singkat dan Pesan Moralnya

Berbeda dengan membaca cerita dongeng, mendongeng dari imajinasi sendiri bukanlah hal yang mudah. Bahkan tidak banyak orang tua yang bisa mendongeng dengan baik dan membuat cerita yang menarik untuk buah hati mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa cari jalan yang lebih mudah dengan membaca rekomendasi dongeng anak singkat yang paling umum di bawah ini.

Dongeng Kancil dan Kura-kura

Dongeng anak yang pertama ini sangat terkenal bukan hanya di Indonesia, namun sampai ke negara lain di Asia Tenggara. Sesuai dengan judulnya, dongeng ini menceritakan tentang si kancil yang bisa berlari sangat cepat dan kura-kura yang hanya bisa berjalan lambat.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ana Khoiruroh
For Mom And Everything That Matters www.sakinahbersamamu.com
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram