fbpx

Review Buku Lesson from Surah Yusuf karya Dr. Yashi Qadhi

Beberapa hari lalu, saya menamatkan membaca sebuah buku di Scribd. Judulnya Lesson From Surah Yusuf. Seperti yang pernah saya ceritakan disini, saya sedang mencoba menchallenge diri saya sendiri untuk membaca satu buku islami tiap bulannya, dan untuk memudahkan kebutuhan ini, saya langganan Scribd lagi. Buku ini juga saya baca dari Scribd, lumayan untuk saving karena harga buku fisiknya lumayan mahal. Tapi menurut saya buku ini layak banget untuk dimiliki juga versi fisiknya.

Saya lupa pernah cerita disini atau tidak ya, tapi Ramadan 2020 lalu, saya sempat mendengarkan kajian Ramadan Ust. Nouman Ali Khan yang fokus membedah surah Yusuf. Jadi saya sengaja memilih buku ini untuk saya baca pertama kali, karena saya sudah lumayan familiar dengan isinya, jadi gak terlalu berat untuk mencerna.

Tapi tetap saja membaca buku ini bikin cirambay. T.T

ADA APA SAJA DI DALAM BUKU INI?

Buku ini dibagi menjadi beberapa chapter:

- Introduction
- Part one: The Family of Ya'qub
- Part two: Sold Into Slavery
- Part three: The Seduction
- Part four: The Prisoner
- Part five: The King and His Dream
- Part Six: From Prisoner to Minister
- Part Seven: The Brothers Return
- Part Eight: Binyamin and the Ruse
- Part Nine: Deprived of Three Sons
- Part Ten: Yusuf reveals His Identity
- Part Eleven: The Dream Fulfilled
- Part twelve: Reminder to the Prophet Muhammad PBUH
- Part thirteen: 50 Lessons from Surah Yusuf
- Conclusion: The Ring Composition Theory of The Surah

Masing-masing chapter menjelaskan kisah Yusuf dalam surah yusuf secara berurutan. Dimulai dari Introduction yang menjelaskan bagaimana Surat ini diturunkan. Ini bagian yang sangat menarik buatku. Karena sepertinya saya tidak benar-benar menyimak kajian dua tahun lalu sampai lupa asbabunnuzul (sebab turunnya suatu ayat) dari Surat ini.

Surat ini turun tepat ketika Nabi Muhammad SAW sedang berada dimasa yang sangat berat dalam hidupnya. Ia baru saja kehilangan Istrinya tercinta, Khadijah, juga pamannya yang senantiasa mendampingi Nabi di masa yang sulit di tahun-tahun awal kenabian di Mekkah. Surat ini turun sebagai salah satu cara Allah untuk menaikkan semangat dan menguatkan Nabi Muhammad di masa sulit ini.

Ada juga beberapa kejadian yang diyakini menyebabkan turunnya surat ini. Lengkapnya bisa teman-teman baca di bukunya ya.

KISAH YUSUF YANG SELALU MENARIK

Buat saya, buku ini --atau Surah Yusuf, akan jadi salah satu surat yang istimewa. Kisah Yusuf AS sudah sering sekali saya dengar berulang-ulang kali ketika saya kecil, ketika masuk TPA, di buku pelajaran Agama di sekolah, namun semakin saya dewasa, semakin saya membacanya sekarang, semakin dalam sekali dan semakin banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari Surat Yusuf.

Ketika saya masih anak-anak. mendengarkan kisah Yusuf yang dibuang kedalam sumur, menjadi budak tapi kemudian nasibnya berubah hingga bisa jadi Bendahara Negara atau orang yang berkuasa di Mesir, rasanya WOW. Cerita from zero to hero mana yang tidak menyenangkan untuk anak-anak?

Kemudian ketika remaja membaca kembali cerita ini di sekolah, dianggap cukup usia untuk mengetahui kisah Yusuf AS ditambah skandal dan pergosipan bangsawan Mesir. Saya belajar bahwa Yusuf AS adalah contoh manusia yang bisa menahan hawa nafsu dan itu, perlu saya contoh, setidaknya, selalu saya coba untuk contoh.

Sekarang, membacanya kembali ketika saya bisa menyebutkan diri saya kalau saya sudah dewasa, rasanya wah, mau nangis gak sih T.T, too many precious things, too many ibrah/lesson we can learn from this surah!.

Gak salah kalau Allah SWT sendiri yang bilang kalau this story, is one of the best story, and to think that Allah choose this surah to lift Nabi Muhammad SAW spirit at his darkest time, this is the most perfect Surah, the perfect story. 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Asri Sudarmiyanti
Hi! I'm Asri. I read and write sometimes.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram