fbpx

Review Buku Red, White and Whole: Perjuangan Melawan Keterpurukan

13 January, 2024

Dapat rekomendasi buku Red, White and Whole ini karena satu genre dengan novel Khaled Khossaini tentang Kite Runner. Entah kenapa saya suka menbaca novel yang certitanya bikin nyesek, tapi bukan berarti saya menyakiti perasaan saya sendiri ya. Alasannya kadang cerita menyedihkan itu terdapat  begitu banyak hal dalam beberapa kata yang indah dalam kesedihannya. Kalau tidak ada mood untuk membaca cerita yang sedih saya tidak menganjurkan untuk membacanya. Tapi kalau sudah siap patah hati, ini adalah buku yang sempurna untuk dibaca.

Novel ini ditulis oleh Rajani LaRocca menceritakan tentang seorang gadis India-Amerika bernama Reha yang tinggal di Amerika Serikat. Karena keluarga Reha seorang imigran, mereka bertekad untuk tidak menjadi seorang yang medioker dan hanya fokus pada hal yang penting saja. Reha dan orang tuanya tinggal di New York dimana ayahnya bekerja sebagai insinyur dan ibunya bekerja di laboratorium hematologi di rumah sakit. Reha merupakan anak tunggal dan menjadi satu-satunya cucu perempuan di keluarganya. Dia adalah harapan di keluarganya.

Novel ini gampang untuk dipahami karena menggunakan bahasa ringan ala syair dengan alur maju yang menceritakan Reha dari masa kecil hingga tumbuh dewasa dan menceritakan hubungan antara ibu dan anaknya. Seperti gambaran Reha terhadap ibunya

My mother’s name is Punam, and that means moon

Her face is as bright as a full moon

Always gentle,

Always changing, but predictable

Like our moon

She only shows us one face.

The strong one

Konflik ceritanya adalah perjuangan Reha untuk beradaptasi dengan dua budaya yaitu budaya Amerika ketika di sekolah, dan ketika di rumah Reha sangat bernuansa India. Ibunya tidak menyetujui Reha bertingkah terlalu Amerika dibandingkan India. Ini adalah hal yang membuat Reha frustasi karena saat itu dia masih kecil.

Di tengah kesibukannya antara sekolah, masalah keluarga dan lingkungannya. Amma, Ibu Reha mengidap penyakit Leukimia akut. Gejala yang tampak dari Amma ditandai dengan sering mimisan, lelah dan sering menghabiskan waktu untuk tidur. Reha menyesal karena malam sebelumnya dia bersenang-senang di pesta dansa dengan teman sekolahnya. Saat ibunya masuk di rumah sakit, Reha tidak ada di sampingnya.

Untuk melawan rasa bersalahnya Reha bertekad untuk melakukan kehidupan yang diinginkan orang tuanya yaitu fokus pada sekolah. Dan saat perjalanan ke ruang gawat, Reha menyadari bahwa dia ingin menjadi seorang dokter.

Reha berusaha menjadi dokter meski dia tidak tahan melihat darah, karena dia bertekad menyembuhkan Ammanya untuk sehat kembali.

Meski alur cerita agak menyedihkan, Rajani LaRocca berhasil menulis cerita yang membangkitkan semangat tentang seorang gadis muda yang memiliki keberanian menghadapi kematian ibu tercinta dan keberanian untuk terus maju, untuk menjadi apa yang ia inginkan. Dia mengatakan dia baik-baik saja kepada teman di sekitarnya meskipun keadaan saat itu sangat buruk. Dalam puisi terakhir bukunya, LaRocca meninggalkan pesan penting ini kepada pembacanya:

“I have one life.

That’s all any of us gets.

And I know that I will make my way.

For all rivers lead to the same ocean,

we all look upon the same sky.

I will write my own story.”

LaRocca, dalam bagian belakang bukunya, menunjukkan bahwa “…bahkan ketika kamu merasa terpuruk, kamu masih bisa menjadi manusia seutuhnya.

Itulah sinopsis Red, White and Whole oleh Rajani LaRocca.

Rajani LaRocca ternyata mengalami kondisi seperti Reha, dimana dia besar dalam dua budaya yaitu Amerika dan India. Rajani juga tumbuh sebagai imigran di Louisville tahun 80.an itulah mengapa cerita Reha sangat relate dengan dirinya yang juga seorang dokter.

Baca review buku lainnya disini

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Junda F Izza
Seorang Medioker yang menyukai membaca buku dan travelling ke alam untuk mengisi waktu luangnya

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram