fbpx

Seberapa Pentingkah Lingkungan Sosial Bagi Penulis/Sastrawan?

4 October, 2022

Sewaktu menulis beberapa buku antologi bersama dengan rekan-rekan penulis. Ada satu pertanyaan yang menurutku agak penting tapi juga nggak penting. Bisa jadi pertanyaan ini perlu dan nggak perlu ada dalam sebuah karya penulisan. Seberapa pentingkan lingkungan sosial mempengaruhi seorang penulis?

Ternyata pertanyaan ini pun pernah diungkap oleh Sapardi Djoko Damono dalam bukunya Sosiologi Sastra. Apa sih sastra itu? Apakah benar latar belakang sosial si penulis mempengaruhi karya yang ia buat? Dan bagaimana tantangan dari dunia penerbitan di Indonesia sendiri? Semua akan kita kulik satu-satu beserta tantangan dari membaca buku ini.

Sastra Tak Sebatas Tulisan

Bicara sastra, maka dalam kepala sebagian besar orang adalah novel, babad, hikayat, prosa, puisi dan segala bentuk karya tulis. Namun karya sastra tidak hanya sebatas produk yang kita hasilkan melalui tulisan. Sebelum adanya aksara orang primitif menggunakan dongeng secara lisan sebagai bentuk karya sastra.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Senja Hari
Blogger, Book Enthusias, Translator Bahasa Jepang
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram