Taman Nasional Baluran Banyuwangi, Pesona Sabana di Ujung Jawa

Taman Nasional Baluran (TNB) merupakan sebuah hutan konservatif yang letaknya di ujung Jawa, leih tepatnya Banywangi, Jawa Timur. Keberadaan Taman Nasional Baluran (TNB) sudah tidak asing d kalangan wisatawan karena memiliki banyak keindahan. Bagi wisatawan domestik yang ingin melihat suasana Afrika yang terkenal dengan padang sabana dan juga beberapa satwa liarnya, Taman Baluran menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Suasananya yang hampir sama dengan Afrika tidak perlu membuat wisatawan jauh-jauh untuk terbang ke Afrika. Selan itum Taman Nasional Baluran tidak hanya menyajikan sabana belaka. Di hutan konservatif ini juga tediri dari hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, huan rawa, dan htan selalu hijau di sepanjang tahun. Sabana merupakan kawasan yang mendominasi dari semua yang ada di Taman Nasional Baluran.

Menurut sejarah, nama Baluran berasal dari sebuah gunung yang berada di daerah ini. Gunung yang begitu mencolok mata ketika mengunjungi tempat ini. Inilah yang membuat suasana Taman Nasional Baluran semakin indah dengan pemandangan alam yang begitu sempurna. Belum lagi hewan-hewan liar yang berada di tempat ini. Tidak heran jika Taman Nasional Baluran dijuluki The Little Africa in Java. Keberadaan hutannya pun menambah keindahan di sini. Keberadaan beberapa jenis hutan di sini menyimpan berbagai vegetasi flora. Menurut Wikipedia, vegetasi flora yang berada di Taman Nasional Baluran ini tediri dari 444 jenis tumbuhan. Mulai dari tanaman yang khas dan mudah beradapatasi di cuaca kering hingga tanaman biasa. Berbeda dengan satwa yang memiliki jumalah lebih sedikit, yaitu sekitar 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Satwa yang menjadi daya tarik sabana adalah banteng. Maka dari itu, banteng dijadikan maskot Taman Nasional Baluran.

Keberadaan Taman Nasional Baluran ini berada di daerah perbatasan atau berada di daerah Kabupaten Banyuwangi, sehingga butuh beberapa jam untuk berada di sini. Akomodasi yang dapat digunakan adalah bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor) atau menggunakan jasa wisata. Begitu kuatnya daya tarik Taman Nasional Baluran ini membuat beberapa oraag untuk membuat open trip. Pengunjung yang berasal dari luar Banyuwangi tidak usah khawatir lagi karena banyak jasa wisata yang menyediakan open trip. Bagi pengunjung yang hnya menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor, tidak perlu khawatir juga. Walaupun jaraknya jauh dan sabana ini dipenuhi satwa liar, keamanan bisa dijamin asalkan hati-hati. FYI, saya menggunakan akomodasi motor saat mengunjungi Taman Nasional Baluran. Tips dari saya: persiapkan fisik yang kuat yah karena agak melelahkan dengan jarak yang cukup jauh.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Novi
A geminian yang sedang berusaha untuk me-review apapun.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram