fbpx

Teh Jahe dan Kunyit : Ini Teh atau Jamu?

8 July, 2021

Itu jamu atau teh sih? Hehe. Serius, di kotaknya tertera ini teh hitam yang ada rasa dan aroma jahe dan kunyitnya. Penasaran gak saya? Ya iyalah, langsung ambil deh dari rak toko dan masuk dalam keranjang belanjaan.

Kita kulik kemasannya dulu ya. Tidak berbeda dengan kemasan teh varian lain, Sariwangi Jahe dan Kunyit tetap dikemas dengan kotak kertas berisi 25 kantong teh. Desain kemasan berwarna kuning kecoklatan sesuai dengan warna jahe dan kunyit dengan ada gambar jahe dan kunyit di salah satu sisinya. Sekilas, kemasan ini mirip dengan minuman jahe instan atau malah bubuk jahe dan kunyit yang dipakai untuk bumbu masak.

Sementara ini, saya belum menemukan kemasan lain, misalnya pouch atau sachet seperti pada varian Sariwangi Teh Asli atau Sarimurni.

Kesan

Pas pertama kali buka bungkusnya, gak ada wangi teh sama sekali. Biasanya kalau saya buka bungkus teh itu serasa nyaman banget karena aroma teh yang khas. Nah, berbeda dengan teh yang satu ini. Ini beneran kayak jamu deh. Aromanya juga kayak jamu godhog (rebus) yang dulu sering dibuat ibu di rumah supaya saya doyan makan. Aroma tehnya malah nyaris kalah.

Bagaimana kalau diseduh? Rupanya, aroma yang dikeluarkan juga masih sama, kayak jamu. Lebih ke aroma rempah sih daripada aroma teh, menurut saya. Untuk warnanya sendiri coklat keemasan setelah diseduh sekitar 2 menit. Warnanya gak sepekat teh hitam asli keluaran Sariwangi.

Balik lagi ke soal rasa nih ya. Kalau buat teh jahe sendiri dengan komposisi suka-suka hati yang biasanya teh asli dicampur beberapa iris jahe geprek, itu rasa jahenya keluar banget ya. Apalagi kalau sudah didiamkan selama beberapa menit, bakalan kerasa semriwing dan pedes gitu.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Laela Awalia
Hanya perempuan biasa yang suka jalan-jalan dan mengabadikannya lewat tulisan.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram