fbpx

Tulisan Lama Tentang Pengabdian di Pesisir Barat

13 September, 2021

Sudah tiga tahun yang lalu, sejak aku tinggal di daerah pantai selama 42 hari. Ini adalah program pengabdian dari kampusku dulu. Kami di kirim ke daerah Pesisir Barat Lampung. Desa Pajar Bulan yang merupakan bagian dari Kabupaten Krui, di situlah aku dan empat belas temanku melaksanakan program pengabdian ini. Dan tiga tahun lalu, aku gagal menulis setiap sudut tempat indah itu.

 

Hanya tulisan ini yang terselip dalam laporan pengabdian. Semoga jadi langkah merawat ingatan.

 

Kesan yang tak akan pernah saya lupakan dari masyarakat pekon pajar bulan adalah keramah tamahannya. Sebelumnya saya menerka-nerka seperti apa kondisi kultural masyarakat di sini, sempat terbesit rasa khawatir kalau saja tak mendapat sambutan dari mereka. Namun, akhirnya saya begitu bersyukur karena kekhawatiran awal itu tak pernah terjadi.

Masyarakat di Pekon Pajar Bulan juga sangat menjunjung tinggi budaya gotong royong antar sesama. Seperti ketika salah satu warga sedang hajatan, warga lain turut membantu tanpa diberi imbalan dalam bentuk materi pada semua pekerjaan.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ririn Erviana
Perempuan yang Suka Bercerita
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram