fbpx

7 Tips Membuat Judul Artikel Menarik dan Dibaca Banyak Orang

28 October, 2021

7 Tips Membuat Judul Artikel Menarik dan Dibaca Banyak Orang — “Rata-rata, 8 dari 10 orang akan membaca judul artikelmu. Tapi hanya 2 dari 10 orang yang akan meneruskan membaca keseluruhan artikel.” — Copyblogger.

Alasannya, hanya karena judul artikel yang kurang menarik perhatian calon pembaca. Boro-boro kan mau klik link dan baca isi artikelnya, dari judul saja udah gak menarik. Hiks.

Bagi blogger atau content writer, membuat tulisan yang bagus tidaklah cukup. Tapi harus juga bisa membuat judul yang menarik.

Percuma kan jika sudah capek-capek bikin tulisan yang bagus tapi malah gak ada yang baca?

Mengapa Judul Artikel Penting?

Traffic pegunjung ke blog atau websitemu sangat tergantung pada seberapa powerful judul yang kamu buat.

Jika kamu gagal membuat judul yang berdampak dan mengundang klik (bukan clickbait ya!), maka artikel yang ada menjadi sia-sia.

Sebaliknya, semakin menarik judul yang kamu buat, semakin berpotensi artikelmu dibaca lebih banyak orang, semakin banyak traffic yang kamu dapatkan menuju blogmu.

Jika artikelmu mengandung promosi, maka akan semakin banyak orang yang akan membeli produk atau jasamu.

Nah, jadi nambah lagi kan peer sebagai blogger? Hehe. It’s okay, kita belajar bareng-bareng ya cara membuat judul artikel yang menarik. Let’s begin!

7 Tips Membuat Judul Artikel Menarik

Gunakan Angka Pada Judul

Penggunaan angka pada judul artikel (artikel listicle) dinilai lebih menarik untuk dibaca daripada judul yang hanya menggunakan kata.

Terbukti, seringkali artikel yang viral merupakan artikel dengan menggunakan angka pada judulnya. Atau bahkan kamu sendiri mungkin pernah tertarik membaca artikel karena judulnya berupa angka?

Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian juga telah membuktikan nih kalau judul dengan angka akan cenderung menarik dan menghasilkan lebih banyak engagement, seperti klik dan share.

Kenapa bisa begitu?  The Write Direction mengungkapkan jika angka pada judul itu seperti brain’s candy atau “permen untuk otak”, karena membuat banyak orang “ketagihan” dan penasaran dengan poin-poin yang ada di dalam artikel.

Beberapa saran membuat judul dengan angka yang bisa kamu ikuti:

  • Gunakan angka yang ganjil daripada angka genap, karena angka ganjil cenderung membuat orang lebih mudah mencerna dan mengingat informasi.
  • Gunakan angka yang kecil
  • Jika membuat artikel step-by-step, usahakan tidak lebih dari 9 langkah, karena otak manusia akan kesulitan memproses lebih dari itu.

Berikut ini contoh judul artikel yang menarik dengan menggunakan angka:

  • 7 Langkah Memulai Bisnis Rumahan
  • 9 Website Terbaik Untuk Belajar Digital Marketing
  • 13 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Hidup Sehat

Supaya berbeda dari judul artikel listicle kebanyakan, kamu bisa menggunakan variasi dengan konsep judul dari PanduanIM berikut:

Sumber: PanduanIM

Berikan Alasan yang Kuat

Jika kamu ingin orang lain melakukan sesuatu untukmu, tentunya kamu harus punya alasan yang bagus untuk itu kan?

Begitu juga jika kamu ingin orang lain membaca artikelmu, maka berikan mereka alasan yang kuat mengapa mereka harus mengklik, membaca, dan kemudian membagikannya.

Kamu bisa memasukkan kata-kata berikut untuk memperkuat alasan tersebut.

  • Tips
  • Alasan
  • Trik
  • Ide
  • Cara
  • Prinsip
  • Fakta
  • Rahasia
  • Strategi

Berikut ini contoh judul menggunakan kata-kata alasan tersebut.

Sisipkan Kata Sifat yang Menarik

Setelah memberikan “kata alasan” pada judul, kamu bisa menambahkannya dengan kata sifat yang menarik untuk lebih menarik perhatian orang, namun tetap mewakili isi artikelmu.

Kata sifat yang bisa kamu gunakan di antaranya:

  • Ampuh
  • Sederhana
  • Terbaik
  • Terpopuler
  • Terpercaya
  • Cepat
  • Mudah

Berikut contoh judul dengan menggunakan kata sifat yang menarik:

  • 10+ Ide Desain Minimalis Untuk Ruang Kerja
  • 5 Website Belajar SEO Terbaik
  • 7 Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Tubuh

Tempatkan Topik dalam Judul Pada Posisi yang Strategis

Setiap judul biasanya terdiri dari topik dan kata hiasan. Tapi di mana kita sebaiknya menempatkan topiknya? Di depan, tengah, atau belakang?

Disarankan tidak menaruhnya di bagian tengah, karena biasanya manusia hanya fokus pada bagian depan dan belakang. Kalau topik diletakkan di bagian tengah, maka cenderung akan terlewatkan oleh pembaca.

Misalnya topik dari judul adalah “Tips Masuk Universitas Favorit”, maka sudah pasti judul harus mengandung kata-kata tersebut atau kata yang serupa.

Nah, dari topik tersebut, maka bisa dibuat menjadi judul berikut:

  • 8 Tips Masuk Universitas Favorit Dengan Mudah Tanpa Kursus

Dari judul tersebut, topik lain yang ingin disampaikan adalah “Tanpa Kursus” sehingga peletakkan di bagian belakang adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian calon pembaca. Sisanya hanyalah hiasan.

Tapi gak hanya terpaku sama topik semata sih. Kamu juga bisa menempatkan kata yang powerful, memikat atau alasan yang kuat pada posisi strategis tadi.

Tentunya pastikan struktur judulnya bagus dan enak dibaca.

Libatkan Pembaca dengan kata “Kamu” atau “Anda”

Judul dengan kata “kamu” atau “Anda” dapat memikat pembaca karena membuat mereka akan merasa bahwa artikel tersebut adalah untuk dirinya, sehingga tertarik untuk membacanya lebih lanjut.

Apalagi jika judul artikel sesuai dengan apa yang pernah mereka alami, seperti judul “Laptop Anda Sering Error? Begini Solusinya”. Tentu mereka tidak akan melewatinya.

Berikut beberapa contoh judul yang bisa kamu tiru:

  • Laptop Anda Sering Error? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya
  • Kamu Ingin Menurunkan Berat Badan? Lakukan 5 Tips Diet Sehat Berikut
  • 3 Tips Keuangan Sederhana, Untuk Kamu Para Millenial

Perhatikan Jumlah Kata Pada Judul

Usahakan judul terdiri dari 6-7 kata. Alasannya, jika terlalu pendek, misal hanya ada 3 kata, maka tidak dapat menjelaskan kepada calon pembaca tentang apa yang akan mereka dapatkan dari membaca artikel tersebut.

Jika terlalu panjang, misal 20 kata, maka itu malah jadi seperti kalimat dan tidak akan ada yang mau membacanya.

Yang gak kalah penting, judul artikel dengan 6-7 kata akan bagus untuk optimasi SEO, karena akan sangat pas saat ditampilkan pada hasil pencarian Google.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa judul artikel sebaiknya tidak lebih dari 70 karakter.

Berikan Manfaat Pada Pembaca

Jelaskan manfaat apa yang akan diperoleh calon pembaca setelah mereka membaca artikelmu melalui judul. Dengan begitu mereka akan secara sukarela mengklik link dan membaca hingga tuntas artikelmu.

Perhatikan 2 contoh judul di bawah ini:

  • Tips Wawancara Kerja
  • Tips Wawancara Kerja Dijamin Membuat HRD Tertarik

Dari kedua judul tersebut, mana judul yang memberikan manfaat kepada pembaca? Tentunya judul yang kedua, karena dari judul sudah menawarkan manfaat (Membuat HRD Tertarik), tidak hanya sekedar tips.

Contoh judul lainnya:

  • 5 Wisata Bandung yang Instagramable
  • 10 Wisata Bandung yang Instagramable

Dari segi kuantitas, tentu orang akan lebih memilih judul artikel kedua yang memberikan manfaat lebih banyak berupa informasi daripada artikel lainnya.

Karena pada dasarnya manusia ingin manfaat maksimal dalam waktu yang minimal.

Kesimpulan

Dari ketujuh tips membuat judul artikel yang menarik di atas, tentu tidak semuanya bisa kamu terapkan langsung pada satu judul.

Kamu dapat membuat kombinasi yang pas dari tips tersebut sesuai kebutuhanmu.

Tapi perlu diingat bahwa judul memang bagian yang sangat krusial terhadap artikel atau konten yang kamu buat.

Namun sebaiknya judul yang menarik juga harus diimbangi dengan kualitas konten, serta manfaat yang kamu janjikan melalui judul artikelmu.

Jadi, tips membuat judul yang mana yang pernah kamu praktekkan?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fitri Apriyani
Blogger yang suka nulis tentang traveling, gaya hidup minimalis, dan finance. Kadang juga sharing tentang pengalaman pribadi dan opini.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram