fbpx

A Reminder: That Life Goes On

February 14, 2021

A slightly reminder that life goes on. Dan sedikit cerita mengenai kuliah jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan.

Berawal dari kutipan di Twitter yang aku baca beberapa waktu yang lalu yang berbunyi, “In three words I can sum up everything I’ve learned about life: IT GOES ON.”

Meskipun udah familiar mendengar quote itu sebelumnya, tapi tiba-tiba aku ngerasa memaknai kalimat itu dengan lebih dalam lagi. Di usia yang hampir menyentuh seperempat abad, tentunya udah banyak banget up and down yang aku alami selama ini. Dan emang bener, kalau dirangkum semuanya, kesimpulannya yaitu: hidup akan terus berjalan.

Aku jadi throw back ke masa-masa di mana saat itu aku pikir aku nggak akan bisa bertahan dan melalui semua kesulitan yang sedang aku hadapi. Tapi boom! Tiba-tiba aku udah di sini sekarang, tersenyum membiarkan pikiranku berkelana kembali ke momen-momen itu sambil menggeleng nggak percaya kalau ternyata aku berhasil melaluinya.

Padahal waktu itu rasanya sulit banget, capek dan kayak nggak ada habisnya kapan semua kesulitan ini akan berakhir. But surprisingly, I made it.

Aku juga jadi keinget sama salah satu bab di buku You Do You yang aku baca kemarin, yang membahas mengenai proses dalam hidup. Mungkin kita seringkali melihat proses hidup kita dalam jarak dekat dan merasa kita nggak membuat kemajuan sama sekali dalam beberapa bulan, atau bahkan setahun ini. Tapi pernah nggak sih kalian coba melihat proses hidup kalian dari jarak jauh? Yaitu dari 10 tahun ke belakang. Pasti banyak banget yang udah terjadi selama 10 tahun, kan? Kalian udah berproses sebanyak itu untuk sampai di titik yang sekarang.

Sama halnya denganku. Waktu kuliah kemarin, kalau aku melihat proses hidupku dalam jarak dekat, rasanya aku nggak bikin progress apa-apa. Capek, anxious, takut banget kalau hidupku stak gini-gini aja. But then boom! 4 tahun berlalu dan aku bisa melihat proses yang udah aku jalani.

Setelah akhirnya lulus dengan terseok-seok dan penuh dengan derai air mata, tiba-tiba boom! (again). Bagaikan Negara Api, corona menyerang. : D

Meskipun setahun udah berlalu, tapi kita masih dilungkupi perasaan nggak pasti kapan corona ini akan berakhir. But I’m gonna remind you again, if life goes on.

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Month of Love

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Via Moira
Di dalam blog saya sering membagikan opini atau rekomendasi mengenai buku dan film, serta lifestyle.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram