Belajar Dasar Fotografi: Pencahayaan (I)

April 14, 2021

Kali ini saya mencoba kembali menekuni hobi lama saya, yaitu fotografi. Mumpung ada teman yang cukup mumpuni ilmu dan pengalamannya di bidang fotografi. Berangkatlah saya belajar fotografi dengannya untuk mencari objek untuk dipelajari menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR).

Materi pertama dalam fotografi adalah tentang pencahayaan. Objek tidak akan bisa difoto kalau tidak memancarkan cahaya sama sekali.  Namun cahaya dari kamera dapat membantunya.

Cahaya dalam fotografi yang berasal dari kerja kamera terbagi menjadi Shutter Speed, Apareture dan ISO. Ketiganya dikenal sebagai triangle exposure, atau segitiga pencahayaan. Artinya, ketiganya saling mempengaruhi satu sama lain.

Shutter speed adalah kecepatan kamera menangkap cahaya. Dinyatakan dalam “ atau detik. Makin besar angka shutter speed, makin lama cahaya yang ditangkap kamera. Sehingga menangkap cahaya lebih banyak. Namun menjadi semakin mudah getar pula kameranya. Di sinilah ukuran bodi kamera berperan. Semakin besar bodinya, semakin tidak mudah getar. Atau karena bodi yang besar membutuhkan biaya yang juga besar, solusinya adalah dengan tripod.

Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Syamsiah
Trainer Softskill, Komputer dan Software, serta Metodologi Pelatihan di Kementerian Ketenagakerjaan RI.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram