fbpx

Berat badan normal, tapi obesitas: Waspada!

11 August, 2021

Sebelumnya saya pernah cerita tentang beli timbangan body composition buat memulai gaya hidup sehat. Beberapa orang bertanya, "kan kamu kurus, santai ajaaa". Pernah dengar normal weight obesity (NWO)? Ternyata, orang kurus, orang berat badan normal, itu bisa jadi obesitas lho. Normal, tapi obesitas.

Kenapa berat badan normal tapi obesitas?

Selama ini kita mengkategorikan ukuran tubuh ke dalam kategori normal atau obesitas berdasarkan body mass index atau BMI, yang dihitung dari berat badan (kg) dibagi tinggi badan kuadrat (m2). BMI >=25kg/m2 dikategorikan sebagai overweight, dan BMI >=30kg/m2 dikategorikan sebagai obesitas.

Masalahnya, berat badan pada BMI tidak membedakan antara berat lemak, massa otot, dan berat lainnya. Padahal obesitas itu sebenernya adalah kondisi kelebihan lemak. Beberapa orang ada yang punya massa otot dan lean mass yang besar, sehingga kalo dihitung BMI-nya bisa saja masuk kategori overweight atau bahkan obesitas. Padahal yang besar bukan lemaknya.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Indy Rinastiti
Kalau anda tertarik dengan Jepang dan sekelumit kehidupannya, termasuk kehidupan mahasiswa S3 dari Indonesia di Jepang, silahkan mampir ke blog saya. Mulai dari travel, sesi curcol, tips and trick, semuanya ada di disini.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram