fbpx

Mengulang Masa Remaja (Review Our Beloved Summer)

18 June, 2022

Tahun 2022 dibuka dengan sebuah drama serial yang cukup ringan, tapi bermakna yakni Our Beloved Summer. Ya, setidaknya begitulah pendapat saya menilai drama ini.

Drama yang disutradarai oleh Kim Yoon Jin berhasil menarik perhatian para penonton, bahkan sempat ramai dibicarakan netizen baik dari negara asal maupun luar negeri. Drama yang diproduksi oleh Netflix dan SBS TV ini bahkan menambahkan satu episode spesial karena banyaknya antusias dari penggemarnya loh!

Memangnya Our Beloved Summer bercerita tentang apa sih?

Drama bergenre komedi romantis ini bercerita tentang sepasang mantan kekasih yang dipertemukan kembali dalam sebuah film dokumenter setelah lima tahun keduanya memutuskan hubungan.

Wah! Coba Teteman bayangkan dan beri tanggapan, bagaimana jadinya seorang mantan kekasih bertemu dalam satu projek–lagi? Emm, saya kira enggak akan ada masalah bila saat memutuskan hubungannya dengan cara baik-baik. Namun bagaimana jadinya, bila keduanya malah dipertemukan lagi ketika masih dihantui oleh masa lalu?

Sepasang mantan kekasih ini bernama Choi Ung (diperankan Oleh Choi Woo Shik) dan Kook Yeon Soo (diperankan oleh Kim Da Miyang dipertemukan lagi ketika mereka telah berusia 29 tahun. Kook Yeon Soo bekerja sebagai karyawan perusahaan yang sangat kompeten dan bertanggung jawab, sedangkan Choi Ung sebagai anak yang suka tidur di dipan sembari memetik sawi untuk membantu kedai orang tuanya.

Suatu ketika Yeon Soo mendapatkan satu projek yang mengharuskan salah seorang patner kerjanya untuk bisa hadir dalam acara peresmian perusahaan. Patner yang akan diajak bekerja sama ini merupakan seorang ilustrator yang karya-karyanya cukup populer. Namun yang menjadi kendala adalah kemisteriusannya, tidak banyak informasi yang bisa Yeon Soo cari selain karya yang betebaran di dunia maya dan Go Oh sebagai namanya.

Namun bukan Yeon Soo bila tidak bisa memecahkan kemisteriusan sang ilustrator. Yeon Soo yang sedang fokus memandangi karya-karya Go Oh dengan jeli menyadari sesuatu. Satu keanehan dari karya-karyanya merupakan bentuk konsisten dari tempat-tempat yang pernah seseorang kunjungi. Dengan keyakinan pada feeling-nya tersebut, Yeon Soo mendatangi kediaman seseorang tersebut.

Akan tetapi siapa yang menyangka bila Yeon Soo berkunjung ke rumah Choi Ung. Sembari membawa proposal dia ingin menawarkan kerja sama kepada Choi Ung. Namun Choi Ung yang masih tidak menyangka Yeon Soo akan berkunjung, dia kembali masuk rumah dan mengambil semprotan air lalu menyemprotkannya tepat ke wajah Yeon Soo.

Setelah puas menyemprot, Choi Ung mempersilakan Yeon Soo dan menanyakan maksud kedatangannya. Yeon Soo yang tidak ingin menyia-nyiakan waktu, dengan terus terang menawarkan kontrak kerja sama dan menjelaskan kalau dia tahu bila Go Oh merupakan dirinya.

Choi Ung yang juga sempat terkejut karena identitasnya terbongkar, tidak bisa menyangkal. Namun bukannya menerima tawaran tersebut Choi Ung menolak diajak kerja sama bahkan melihat proposalnya pun tidak. Walhasil yang bisa Yeon Soo lakukan meninggalkan proposal itu dan memutuskan untuk pergi. Namun sesaat Yeon Soo menutup pintu, tiba-tiba pintu kembali terbuka dan Choi Ung tanpa aba-aba melempari garam ke arahnya.

Btw, ada yang bertanya-tanya enggak sih dengan tingkah Choi Ung yang kekanak-kanakkan tersebut? Choi Ung pun tidak tanpa sebab loh, menyempot air dan melempari Yeon Soo dengan garam. Bahkan nih, Choi Ung sudah latihan ratusan kali hanya untuk itu. Ternyata usahanya selama ini enggak sia-sia ya? hahaha.

Fyi, kembali ke masa ketika mereka masih bersama. Saat itu Yeon Soo bertanya kepada Choi Ung seandainya mereka berpisah dan Yeon Soo mengunjungi Choi Ung apa yang akan dilakukannya? Choi Ung menjawab dia akan menyemprot Yeon Soo dengan air dan melemparinya garam, yang dikatakan Choi Ung benar-benar dilakukan dong! Hahaha. Namun bagi saya, bagian inilah yang begitu ikonis dari drama Our Beloved Summer. Setuju enggak?

Choi Ung sepeninggal Yeon Soo semakin merasa bersalah, dia bahkan sempat ragu apakah menyemprot dan melempari Yeon Soo dengan garam merupakan hal yang memang perlu dilakukan? Bagaimana bila Yeon Soo tidak ingin menemuinya lagi setelah ini?

Apa yang dipikirkan Choi Ung tidak selamanya salah. Yeon Soo memutuskan untuk tidak melanjutkan projeknya dan ingin mengganti ilustrator lain yang cukup populer juga. Dia tidak ingin datang lagi dan merusak harga dirinya dihadapan Choi Ung yang kini bisa dikatakan sebagai orang yang sukses.

Akan tetapi, takdir berkata lain. Kim Ji Ung (diperankan oleh Kim Sung Cheol) sahabat mereka yang kini berprofesi sebagai sutradara berencana melanjutkan series dokumentasi yang pernah mereka lakukan di masa SMA. Dokumenter pertama mereka viral lagi dan banyak diperbincangkan netizen. Mereka penasaran bagaimana kehidupan Choi Ung dan Yeon Soo setelah syuting dokumenter pertama sepuluh tahun lalu.

Namun ada satu hal yang jadi masalah, apakah Choi Ung dan Yeon Soo akan bersedia setelah kejadian lalu?

Ji Ung mencoba membujuk Choi Ung dan memintanya untuk menonton dokumenter pertama. Awalnya Choi Ung memang terkesan menolak, tapi bila diperhatikan dari gesturnya Choi Ung terlihat senang. Namun ketika Ji Ung memberitahu Yeon Soo, dia terkesan enggan melanjutkan syuting. Kendati begitu, Yeon Soo ikut menonton kembali filmnya.

Anehnya setelah pertemuan pertama di rumah Choi Ung, keduanya malah tanpa sengaja sering bertemu, baik di jalan ataupun di supermarket. Walaupun demikian Choi Ung dan Yeon Soo tak ubahnya seperti teman yang masih bermusuhan.

Suatu ketika, Choi Ung mempunyai ide gila. Ide gila ini dia rencanakan untuk membuat Yeon Soo bertambah jengkel dan marah. Teteman bisa menebak enggak apa ide gila itu?

Choi Ung menyetujui kontrak kerja sama dengan perusahaan Yeon Soo dengan syarat Yeon Soo membantunya melakukan syuting dokumenter dengannya selama sebulan. Yaa, mau enggak mau Yeon Soo perlu memenuhi permintaan itu. Sebab pihak perusahaan tidak ingin mengganti ilustrator selain Go Oh.

Pada akhirnya mereka melakukan syuting dokumenter, walaupun masih bersikap seperti tikus dan kucing. Kendati demikian, mulai terkuaklah alasan mereka bersikap seperti itu kepada satu sama lain.

You know-lah, bila sebenarnya mereka masih saling mencintai. Namun ego dan gengsi dari kedua pihak, juga penuntutan penjelasan yang masih saling menyalahkan, menjadi dasar mereka jauh dari kata damai.

Walaupun demikian Choi Ung dan Yeon Soo berhasil mengalahkan ego masing-masing dan akhirnya mereka kembali bersama. Mereka bahkan menikah loh!

Kemudian bagian paling lucu, ketika Ji Ung ingin melanjutkan syuting karena film dokumenter kedua kembali viral. Lantas kini netizen sedang bertanya-tanya kehidupan mereka setelah menikah, hahaha.

Jadi apakah hidup Choi Ung dan Yeon Soo akan selalu diabadikan dalam film dokumenter?

Well, secara garis besar seperti inilah kisah dari Our Beloved Summer. Cukup ringan, bermakna dan sebenarnya cukup kompleks. Sebab sejatinya masih ada banyak hal yang ingin saya ulik dari Our Beloved Summer ini. Namun untuk pembahasan kali ini sampai di sini saja yaaa

Oh ya, dari Choi Ung dan Yeon Soo saya merangkum satu kesimpulan bila hubungan yang baik akan tercipta dengan “sedikit” menurunkan ego. Sebab menurunkan ego itu bukan untuk merendahkan diri kok, tapi untuk menumbuhkan kerendahan hati.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Titik Literasi
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram