fbpx

Mindful Skincare Approach, Untuk Kulit (dan Dompet) yang Lebih Bahagia

February 11, 2021

Berbeda dengan dulu, sekarang pilihan brand skincare sudah jauh lebih banyak. Kita bisa memilih merek dengan bahan yang sesuai dengan kulit kita.

Kalau begini, harusnya merawat kulit menuju #2021glowing lebih mudah, dong, ya?

Harusnya. Karena tidak juga.

Nyatanya, (saya) malah jadi pusing. Beruntunglah orang-orang yang bisa menggunakan banyak produk dalam satu waktu dan bisa mengakomodasi perubahan skincare-nya seiring waktu. Soalnya, saya nggak bisa sama sekali. Ha ha ha!

Rasanya setiap waktu selalu ada metode yang ternyata harus diperbaiki, ternyata ada masalah kulit yang selama ini kita tak pedulikan (oh my, harus nambah produk baru lagi!), lalu ada masker atau serum baru untuk menangkal “problem” yang baru muncul tersebut.

Padahal, banyaknya produk yang digunakan tidak menjamin kulit akan lebih baik. Bisa saja kulit kita justru bingung dengan zat yang digunakan, atau malah iritasi karena terlalu banyak yang dipakai.

Karena itu saya memutuskan untuk mengevaluasi ulang dan meminimalisir skincare yang saya pakai.

Kalau memang dirasa sudah overwhelmed, mungkin sudah saatnya menarik rem, menekan tombol reset, dan memikirkan kembali: apa yang kulit butuhkan?

Mindful skincare bagi saya adalah memikirkan sebaik-baiknya apa yang dibutuhkan oleh kulit dan tidak “boros”. Boros dalam hal pikiran, boros dalam hal finansialnya juga sebagai bonus.

Mindful juga bisa berarti memikirkan benar-benar produk yang akan digunakan: apakah berasal dari perusahaan yang etikanya baik dan berbahan dasar baik; membayar pekerjanya dengan layak, dan sebagainya.

Saat ini fokus saya ada pada ritual yang dilakukan setiap harinya, beserta produk yang dipakai.

Secara tidak langsung, hal ini membebaskan pikiran kita. Dari "keharusan" untuk mencoba, Rasa penasaran untuk mencari produk yang sempurna, dan lain sebagainya.

Lalu tambahannya tentu saja jadi lebih hemat ke dompet.

Setelah berpikir dan kena tegur adik serta suami (hahaha), sebenarnya perawatan yang saya butuhkan tidak ribet-ribet amat. Yang diperlukan saya adalah konsistensi serta tahan godaan dari mencoba produk baru. 😅

Selain itu, saya nggak punya waktu banyak untuk mengaplikasikan seabrek perawatan khusus setiap harinya. 10-layer Korean Skincare buat saya sama dengan membuang waktu kebanyakan.

Mending mengerjakan hal lain: seperti goleran atau peluk suami. Eh, lho, salah ya?

Jadi, rinciannya apa saja?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mega Aulia Insani
A regular office employee who loves writing and fragrance. Writing blog as a form of her old dreams: becoming a magazine editor.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram