fbpx

Pekerjaan Terburuk Sepanjang Masa: Dokter Ahli Pencernaan Era Mesir Kuno

March 11, 2021

Banyak orang mengatakan bahwa tidak ada pekerjaan yang buruk, atau kotor selama pekerjaan tersebut halal. Apalagi, bagi pekerja di bidang medis atau kesehatan.

Yah, tugas mereka sangat mulia. Tidak jarang, selain menjaga kesehatan banyak orang, mereka juga menyelamatkan banyak nyawa. Bisa dikatakan, di era modern ini, dokter juga bisa dikatakan pahlawan.

Namun, di era Mesir kuno, ada satu profesi yang bisa dikatakan terburuk sepanjang sejarah. Mungkin di era itu tidak buruk, tapi bila melihatnya dengan perspektif masa kini, pekerjaan itu sangat buruk dan menjijikkan.

Pekerjaan apa itu? Yah, seperti disebutkan di judul; dokter untuk urusan pencernaan. Kadang-kadang, mereka juga mengobati wasir, ambeien dan sebagainya yang khususnya berada di daerah anus manusia. Di era modern, dokter yang ahli di bidang itu disebut sebagai ahli proktologi.

Singkat cerita, di era Mesir kuno, tentu saja pemimpinnya adalah Firaun, ada seorang (atau lebih) rakyat yang ditugaskan untuk menjaga kesehatan Firaun. Firaun dianggap sebagai titisan Dewa yang turun ke dunia dan dijadikan penguasa. Karena itu, tugas menjaga kesehatan Firaun sangat penting, bahkan dianggap sebagai tugas suci.

Di antara sekian banyak ahli kesehatan, salah satu di antaranya memiliki tugas untuk menjaga pencernaan Firaun. Selain masalah pencernaan, tentunya mereka juga memeriksa wasir dan sebagainya. Serta, mereka juga memastikan kesehatan pencernaan Firaun harus tetap lancar. Nah, ahli proktologi di era Mesir kuno inilah yang disebut-sebut punya pekerjaan paling \\\"kotor\\\" dalam sejarah.

Di saat Firaun memiliki masalah usus, seperti susah Buang Air Besar (BAB), makan terlalu banyak, atau masalah usus dan pencernaan lainnya, maka \\\"dokter ahli\\\" ini akan segera bekerja. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara ia bekerja?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diah Irawati
Ibu dari seorang anak, istri dari seorang seniman teater. Kunjungi blog kami di Pojokseni.com dan Pojokreview.com.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram