fbpx

Bercermin dari Kasus Bullying Korea

March 13, 2021

Dampak bullying atau perundungan cukup fatal, dari kesehatan mental di sisi korban hingga potensi mengakhiri hidup. Layakkah pelaku mendapat maaf?

Saya terkejut ketika membaca berita aktor Ji Soo tersandung  kasus skandal bullying atau perundungan di Korea Selatan yang juga sedang menimpa artis-artis di sana. Sama sekali tidak menyangka.

Ji Soo mengeluarkan pernyataan minta maaf kepada publik, ada pula pernyataan dari agensinya. Akibat pemberitaan itu, perannya sebagai On Dal dalam drama Korea yang sedang tayang--River Where The Moon Rises, digantikan oleh Na Inwoo--pemeran Kim Byeong In dalam drakor Mr Queen.

Kasus Ji Soo sendiri masih menjadi perdebatan, karena menurut agensinya tak semua tuduhan yang dilayangkan benar. Namun budaya di Korea Selatan tidak menghendaki tokoh publiknya diterpa skandal, sehingga biasanya mereka akan mundur sampai kasus itu terbukti benar atau salah.

Ji Soo bukanlah satu-satunya artis yang terseret pusaran skandal bullying di Korsel. Ada sederet nama artis lainnya. Nama-nama yang larut dalam pusaran itu, di antaranya juga ada yang mengeluarkan bantahan dan bukti bahwa tudingan tidak benar. Belakangan juga ada beberapa artis yang sanggup membuktikan dirinya tak bersalah. Meski ada pula yang memang terbukti bersalah.

Viralnya kasus ini bikin saya penasaran bagaimana sih awal mulanya sampai heboh. Saya menemukan jawabannya di vlog Han Soljang, saluran Youtube Korea Reomit. Ternyata berawal dari atlet voli Korsel, yang pernah merisak temannya di masa lalu. Lalu temannya yang pernah jadi korban perundungan atlet voli ini membuat pengakuan. Saya rekomendasikan teman-teman pembaca meluncur ke vlog Korea Reomit.

Seperti tagar #metoo, topik kasus bullying seperti badai yang menerpa tokoh-tokoh publik lainnya.  Hal paling membetot perhatian saya adalah pernyataan Han Soljang menjelang akhir videonya. Ternyata ia pernah mengalami perundungan.  Saya merasa miris mendengar ceritanya. Ada beberapa pertanyaan menarik dibahas di vlognya:

-Apakah orang yang pernah jahat di masa lalu tidak punya hak untuk berubah hidup baik di masa kini?

-Apakah orang yang pernah merundung layak menjadi tokoh publik?

*

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nieke Indrietta
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram