fbpx

Resep Ikan Tuna Goreng Tepung

February 14, 2021

Walaupun harganya memang lebih mahal dibanding ikan tongkol, tapi ikan tuna memang digemari karena kadar proteinnya yang tinggi, begitupun dengan asam omega 3 nya. Biasanya ini incaran teman-teman untuk ngasih makan anak, untuk yang lagi program diet beneran, serta teman-teman yang makan dengan high protein.

Dalam 85 gram ikan tuna, terdapat 100 kalori. Tinggal cara pengolahannya deh yang mungkin menambah takaran kalorinya.

 

Manfaat Ikan Tuna

Ikan tuna memang terkenal dengan asam omega 3. Ini bagus banget untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, serta rekomendasi untuk menu diet.

Lalu vitamin C dan mineralnya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ikan tuna juga bagus untuk menjaga kesehatan reproduksi. Buat teman-teman yang lagi program hamil mungkin ya, bisa lebih sering makan ikan tuna nih.

Begitupun untuk tumbuh kembang anak, ikan tuna juga bagus untuk dijadikan menu untuk anak-anak.

Sedangkan vitamin B kompleksnya baik untuk menambah energi, menjaga fungsi ginjal, serta memperlancar sirkulasi darah.

Di samping itu, ikan tuna juga bagus untuk mencegah kanker.

Wah banyak juga manfaatnya, mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa.

 

Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar

Walaupun manfaatnya cukup banyak, tentunya didapat dari ikan tuna yang segar. Teruntuk teman-teman yang juga macam saya, haha... yang kurang pintar amat untuk memilih ikan yang segar, yuk sama-sama kita baca tips memilih ikan tuna yang segar. Biar kita nggak rugi kan ya, karena kalau buat saya, ikan tuna ini cukup mahal.

Pastikan tempat kita membeli ikan tuna itu bersih dan bersuhu sejuk. Entah kita belinya di pasar, di warung sayur, abang penjual ikan, maupun supermarket. Hindari membeli ikan tuna yang udah dikerubungi lalat dan tempat jualannya juga kotor.

Ikan tuna yang bagus, dagingnya akan berwarna kemerahan segar. Hindari ikan tuna yang warnanya pucat atau kotor.

Selanjutnya adalah dengan agak menekan. Tekstur ikan tuna yang bagus itu kenyal dan lembab. Kalau tampilannya kering dan pas ditekan lembek, baiknya dihindari ya.

Ikan tuna yang segar itu aroma segar khas laut. Kalau yang udah jelek itu aromanya macam bau busuk dan anyir.

Lalu kalau mau membeli ikan tuna, baiknya hindari yang potongan. Karena biasanya yaaa... yang potongan itu ada yang dikasih pengawet. Memang nggak semua. Saya pun belinya potongan agak besar yang biasa sama si ibu penjualnya dipotong lebih kecil lagi. Yang terpenting kita udah cek dari tampilan, tekstur, dan aromanya.

 

Itu dia manfaat menyantap ikan tuna, serta gimana sih cara membeli ikan tuna yang segar. Selanjutnya yuk kita siapkan bahan-bahannya...

 

Cara membuat Ikan Tuna Goreng Tepung, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nita Lana Faera
Food and Hang Out Blogger Jakarta
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram