fbpx

Teleterapi, Solusi Konsultasi Psikologi Online

17 June, 2022

Layanan konsultasi psikologi di negeri ini relatif mahal. Belum lagi persebarannya kurang merata dan hanya mudah ditemukan di Pulau Jawa, membuat kita cukup terlambat melek kesehatan mental. Pantas saja kalau kasus pemasungan manusia mudah ditemukan di daerah pelosok. Alih-alih meluangkan biaya pengobatan bagi anggota keluarga yang terdeteksi punya masalah jiwaan, untuk makan sehari-hari masih kesusahan.

Tak usah kaget kalau nyatanya di tahun 2016 sempat ditemukan sekitar 18.800 kasus pemasungan pada penderita disabilitas psikososial. Data terbaru di tahun 2021 lalu menunjukkan hal yang tak kalah mengejutkan. Temuan Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) di bulan Agustus 2021 mengungkap sebesar 11.046 kasus kurungan paksa hingga pemasungan pada pengidap kesehatan mental di panti sosial. Ironinya, angka ini belum total keseluruhan sebab ditemukan pihak panti sosial dengan kepemilikan swasta yang tertutup dan tidak koperatif. Padahal, kasus pemasungan banyak ditemukan pada panti swasta.

Kini, setelah 2 tahun kita melewati waktu-waktu sulit saat kurva positif melonjak, masalah kesehatan mental mulai naik ke permukaan. Sepertinya karena mulai banyak orang mendapat gangguan mental sampai berdampak pada kesehatan fisik, salah satunya adalah gangguan kecemasan. Gejala gangguan mental pos masa darurat yang lalu biasanya berbentuk generalized anxiety disorder (GAD), obsessive compulsive disorder (OCD), post-traumatic stress disorder (PTSD), major depressive disorder (MDD), illness anxiety, dan panic disorder.

Menangkap keresahan masyarakat karena jasa konsultasi psikologi di klinik tak tersahabat, beberapa akun layanan konsultasi psikologi bermunculan di instagram. Bisnis teleterapi jadi opsi untuk menjaring masyarakat melek teknologi dan─yang paling utama budget-friendly.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
tasya wardah
Menulis saja.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram