TIPS MENGATASI BALITA PHOBIA TEMPAT UMUM

June 9, 2021
Tips Mengatasi Balita Phobia Tempat Umum.  Kilan Si bungsu di keluarga kami adalah balita yang phobia tempat umum. Setiap saya ajak ke tempat umum dia tidak betah dan minta pulang berulang kali. Seperti tempo hari waktu kami ajak anak-anak berenang, Baju renang baru mau dipake, Kilan sudah menolak dan memegang erat-erat ujung baju yang dipakainya. Dia gak mau renang, malu karena banyak orang. Begitu katanya.
Tapi saya tidak tinggal diam, phobia tempat umum harus dilawan. Saya katakan pelan-pelan kalau Kilan akan terus saya gendong di air. Saya paksa lepas bajunya dan pakaikan baju renang. Saking phobia nya, tubuhnya bergetar mirip orang ketakutan tingkat tinggi. Saya sempat khawatir dia jadi trauma, tapi kemudian saya berpikir lagi kalau phobianya harus dilawan paksa. kalo gak gitu bakal keterusan. Tapi tentu dengan selalu saya dampingi agar dia tetap merasa aman.
Hasilnya? setelah 15 menit nyemplung ke kolam anak bersama saya dalam ban pelampung, alhamdulillah begitu sejam kemudian dia gak mau naik. Dia masih mau main air di kolam, hehe
kilan-phobia-tempat-umum
Akhirnya mau juga renang
Sekarang dia malah minta berenang lagi secepatnya. Minta beli pelampung jaket dan ban renang sendiri! wkwk
Tetapi, jauh sebelum kejadian di kolam renang itu, Phobia tempat umum Kilan kerap muncul dimanapun kami berada. Seperti saat pergi ke supermarket, Mall atau pasar. Terkadang harus disuap dengan beli mainan. Setelah beli mainan apakah betah menemani emak belanja? Oh tidak juga Marisol!! Malah minta pulang sementara belanja aja belum dimulai! Hahaha
Phobia tempat umum ini juga termasuk kalau ikut pengajian, ke rumah sakit, Ke Kelurahan, ke Kecamatan, ke Bank, melayat atau menghadiri undangan hingga bertandang ke rumah tetangga. Duh rasanya gak bebas gitu ya, mau kemana mana dibuntuti terus. Soalnya bukan hanya phobia tempat umum aja, anxiety separations juga termasuk di dalamnya.
Pernah nih suatu masa, waktu Keenan usia dua menjelang tiga tahun. Saya ajak ke Mall buat beli baju lebaran. Udah kebayang dong rame nya itu mall kaya gimana? Gak mungkin gak ketemu bejibun orang yang belanja.
Baru aja masuk pintu mall yang adem, Keenan seketika teriak histeris karena gak mau masuk Mall. Ya Allah, malu campur kesel menyatu. Akhirnya mau gak mau ya gak jadi masuk Mall nya dan saya pilih hari sepi besoknya buat belanja which is, gak ada mall yang sepi kalo mau lebaran. Disuap beli mainan juga kan akhirnya, wkwkwk
Yaa begitulah membersamai balita dengan threenager atau setelahnya. Ini salah satu proses yang emang bakal dilalui oleh semua emak di seluruh dunia. Termasuk akuuu, huhuhu
Tapi sebetulnya normal gak sih balita phobia tempat umum? gimana sih cara mengatasi balita phobia tempat umum?
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Eka Fitriani Larasati
mom blogger illustrator who loves to share her stories and interest about parenting, motherhood, art and design, technology and schience and lifestyle
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram